PENGARUH MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH ANAK KELOMPOK B DI TK AL KAROMAH ISLAM WIYUNG

  • PUPUT DWI YANTI
  • NURUL KHOTIMAH

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan anak dalam membaca huruf hijaiyah anak kelompok B di TK Islam Al Karomah Wiyung. Kemampuan membaca huruf hijaiyah dapat ditingkatkan melalui media audio-visual. Audio- visual yang digunakan dalam penelitian ini adalah video tentang mengenal huruf hijaiyah dan membaca huruf hijaiyah bersambung. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh media audio-visual terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah anak kelompok B di TK Islam Al Karomah Wiyung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kauntitatif dengan desain eksperimen Quasi Exsperimental Design jenis Nonequivalent Control Group Design. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi berperan serta dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian adalah anak kelompok B di TK Al Karomah Islam Wiyung yang berjumlah 40 anak. sebagai kelompok eksperimen 20 dan kelompok kontrol 20 anak. Data yang terkumpul dianalisis dengan Mann With U Test. Hasil analisis data menggunakan perhitungan Mann With U Test dengan diperoleh nilai Mann-Whithey U test dengan taraf signifisikansi 0,05 dari banyaknya n1=20 dan n2=20 harga Utabel = 114. Hasil Uhitung = 116,000 lebih kecil dari Utabel (116,000 < 114), dengan demikian Ha diterima H0 ditolak. Berdasarkan analisis data tersebut dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh media audio-visual terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah anak kelompok B di TK Al Karomah Islam Wiyung. Pengaruh pada anak yaitu; 1) meningkatkan anak dalam menyebutkan huruf hijaiyah alif-ya’. 2) selain itu anak juga diberi pengetahuan baru yaitu membaca bahasa arab dengan bahasa latinnya jadi anak juga bisa mengetahui bagaimana tulisan bahasa arab dengan bahasa latinnya. 3) anak bisa membaca huruf hijaiyah bersambung, didalam video tersebut anak mengetahui bahwa ada huruf hijaiyah yang tidak dapat disambung. perhitungan menggunakan Mann-Whithey U test Jumlah skor post-test untuk kelompok eskperimen adalah 279 dengan rata-rata 13,95 dan jumlah skor post-test kelompok kontrol adalah 257 dengan rata- rata 12,85. Berdasarkan hasil analisis data dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh media audio-visual terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah anak kelompok B di TK Al Karomah Islam Wiyung dengan efektivitas media berkategori sedang.

Kata kunci : media audio-visual, kemampuan membaca huruf hijaiyah

Published
2019-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 440