SURVEI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTIMBANGAN ORANG TUA DALAM PEMILIHAN TAMAN KANAK-KANAK (TK) DI KOTA SURABAYA

  • NADIA NOVITA SARI
  • NURHENTI DORLINA SIMATUPANG

Abstract

Abstrak

Taman Kanak-kanak (TK) merupakan jenjang pendidikan formal untuk anak usia dini yang telah memasuki usia empat sampai lima tahun. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor yang memengaruhi pertimbangan orang tua dalam pemilihan TK bagi anak di kota Surabaya dan berapa presentase pada setiap faktornya.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian survei deskriptif. Populasi yang digunakan adalah seluruh wari murid TK di kota Surabaya, dengan penentuan sampel menggunakan jumlah minimum, yang dijelaskan oleh Roscoe, yaitu bila sampel dibagi dalam kategori, maka jumlah anggota sampel setiap kategori minimal 30, sehingga ditemukan jumlah sampel sebanyak 150 dari yang tersebar pada lima wilayah di kota Surabaya. teknik pengambilan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, statistik deskriptif dan tabel distribusi frekuensi relatif.

Hasil dari penelitian ini diperloleh presentase sebanyak 75% ≤5km dari lokasi rumah sebagai faktor jarak, 64,7% ±50.000,00- 200.000,00 sebagai faktor biaya, 64,7% pada lingkungan yang layak, 80% pada faktor kesesuaian visi dan misi, 74,7% tenaga pendidik lulusan S1 PG-PAUD/ S1 Psikologi, 80,7% TK perlu memiliki tanaga administrasi pada faktor tenaga pendidik dan kependidikan, 64,7% menggunakan kurikulim pemerintah pada faktor kurikulum, 96,7% pendidikan agama perlu diterapkan disetiap pembelajaran pada faktor porsi pendidikan agama, 77,3% kegiatan pembelajaran harus disesuaikan dengan kurikulum pada faktor kegiatan pembelajaran, 94,7% ketertiban dan kebersihan telah memenuhi standart, dan 36,7% orang tua berpendapat lulusan TK telah mampu CALISTUNG.

Kata kunci : orang tua, faktor pemilihan TK

Abstract

Kindergarten is a level of formal education for early children who has entered the age of four to five years. The purpose of this study is to determine the factors that influence the consideration of parents in choosing Kindergarten for children in Surabaya and how is the percentage of each factor.

This type of research is descriptive survey research. The population used is all kindergarten student warians in Surabaya, with the determination of the sample using the minimum amount, explained by Roscoe, that is if the sample is divided into categories, then the number of sample members for each category is at least 30, so there are 150 samples found in the five regions in Surabaya. The data collection techniques using questionnaires. Data analysis techniques using validity test, descriptive statistics and relative frequency distribution tables.

The results of this study were obtained as much as 75% ≤5km from the location of the house as a distance factor, 64.7% ± 50,000.00- 200,000.00 as a cost factor, 64.7% in a decent environment, 80% in the vision suitability factor and mission, 74.7% of educators who graduated from bachelor degree in Early Childhood Education / Psychology, 80.7% of Kindergarten who has their own administrative staff on the factors staff of schools, 64.7% use government curriculum on the factors of curriculum, 96.7% religious education need to be applied in every learning on the factor portion of religious education, 77.3% of learning activities must be adapted to the curriculum on learning activity factors, 94.7% of order and cleanliness have met standards, and 36.7% of parents think Kindergarten graduates has to be able to read, write, and count (CALISTUNG).

Keywords: parents, factors in choosing Kindergarten.


Published
2019-07-30
Section
Articles
Abstract Views: 222
PDF Downloads: 275