PENGARUH PERMAINAN ENGKLEK MODIFIKASI TERHADAP PEMAHAMAN PENDIDIKAN SEKS ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
ABSTRAK
PENGARUH PERMAINAN ENGKLEK MODIFIKASI TERHADAPPEMAHAMAN PENDIDIKAN SEKS
ANAK USIA 5-6 TAHUN
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis ada atau tidaknya pengaruh permainan engklek modifikasi terhadap pemahaman pendidikan seks anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dan desain yang digunakan kuasi eksperimen dengan jenis non-equivalent control group design. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi partisipan. Teknik observasi partisipan digunakan untuk memperoleh data kuantitatif tentang aktivitas anak dalam kegiatan permainan engklek modifikasi untuk memberikan pemahaman pendidikan seks. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B RA Miftahul Ulum Kota Kediri yang berjumlah 40 anak. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Independent Sample T-test yang dibantu program SPSS for Windows versi 22. Hasil perhitungan data menggunakan T-test, dengan taraf signifikansi 0,05 dari banyaknya n1=20, dan n2=20 diperoleh hasil nilai rata-rata (mean) data kenaikan selisih post-test pre-test pada kelompok kontrol sebesar 2,05 sedangkan pada kelompok eksperimen sebesar 9,50. Maka, didapatkan hasil dari uji hipotesis bahwa nilai sig 2 tailed ( p value) sebesar 0,00 dimana nilai ini lebih kecil dari nilai batas signifikansi alfa 0,05 atau (0,00 < 0,05). Dapat ditarik kesimpulan bahwa, Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan analisis data tersebut dinyatakan bahwa ada pengaruh permainan engklek modifikasi terhadap pemahaman pendidikan seks anak usia 5-6 tahun.
Kata kunci: permainan engklek modifikasi, pemahaman pendidikan seks.
Downloads

