PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN SAINS MENGENAL BENDA CAIR PADA ANAK KELOMPOK B TK HIDAYATULLAH LIDAH KULON 1/58 SURABAYA

  • DEWI FATMAWATI
  • MALLEVI AGUSTIN NINGRUM

Abstract

Abstrak

Kemampuan sains bisa terhambat dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah penggunaan metode dan media pembelajaran yang tidak konkrit dan tidak sesuai dengan materi yang akan diberikan kepada anak. Solusi untuk permasalahan tersebut yaitu pengenalan benda cair menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan benda konkrit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan ada atau tidaknya pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan sains mengenal benda cair pada anak kelompok B TK Hidayatullah Lidah Kulon 1/58 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen menggunakan jenis Quasi Eksperimental Design jenis Non equivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini sebanyak 28 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling jenuh. Perhitungan teknik analisis data menggunakan rumus Mann Whitney U Test. Hasil dari rumus Mann Whitney U Test. Memperoleh Uhitung yaitu 19,5 dan Utabel 47 yang berarti rhitung > rtabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil perhitungan di atas diketahui bahwa nilai 19,5 > 47. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan sains mengenal benda cair pada anak kelompok B TK Hidayatullah Lidah Kulon 1/58 Surabaya.

Kata Kunci : metode eksperimen, kemampuan sains

. Abstract

Delayed scientific abilities can be caused by several factors, one of which is the use of methods and learning media that are not concrete and not in accordance with the material to be given to the child. The solution to these problems is the introduction of liquid objects using experimental methods using concrete objects. The purpose of this study was to prove the presence or absence of the influence of the experimental method on the scientific ability to recognize liquid objects in the children of group B TK Hidayatullah Lidah Kulon 1/58 Surabaya. This study uses a quantitative approach with experimental design using the type of Quasi Experimental Design type Non equivalent Control Group Design. The sample in this study were 28 children. The sampling technique uses saturated sampling. Calculation of data analysis techniques using the Mann Whitney U Test formula. The results of the Mann Whitney U Test formula. Obtaining Uhitung is 19.5 and Utabel 47 means r count> r table, then Ha is accepted and H0 is rejected. Based on the above calculation results it is known that the value of 19.5> 47. This means that there is an influence of the experimental method on the scientific ability to recognize liquid objects in the group B TK Hidayatullah Lidah Kulon 1/58 Surabaya.

Keywords: experimental method, the ability of science


Published
2019-08-27
Section
Articles
Abstract Views: 138
PDF Downloads: 452