PENGARUH MEDIA KARTU PINTAR TERHADAP KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK USIA 4-5 TAHUN KELOMPOK A DI TK KENANGA LUMBANGSARI BULULAWANG MALANG

  • ANIS WIDIYANING PRATIWI
  • MASUDAH

Abstract

Abstrak

Penelitian pada anak kelompok A di TK Kenanga Lumbangsari Bululawang Malang ini di latar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A yang belum mengenal beberapa huruf, seringnya mengurutkan huruf dengan terbalik-balik dan menuliskannya juga bingung dikarenakan kegiatan pembelajaran di kelas yang menggunakan metode dan media yang relative kecil sehingga anak yang berada di belakang akan kesulitan untuk melihat media tersebut. Oleh karena itu, dalam penelitian ini menggunakan media kartu pintar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media kartu pintar terhadap kemampuan mengenal keaaksaraan anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimental dengan jenis non equivalent control group design. Pada penelitian Quasi Eksperimental ini terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dipilih menggunakan sampling jenuh dengan jumlah 22 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji statistik parametric menggunakan uji t perpasangan. Hasil dari perhitungan uji t berpasangan yang dilihat pada rata-rata selisih antara post-test dengan pre-test pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah sebesar 2,6465 dan 1,9091. Kesimpulannya adalah media kartu pintar berpengaruh terhadap perkembangan keasksaraan anak usia 4-5 tahun kelompok A di TK Kenanga Bululawang Malang.

Kata Kunci: media kartu pintar, kemampuan keaksaraan

Abstract

The research on children of group A in Kenanga Lumbangsari Bululawang Kindergarten Malang was motivated by observations of researcher on the ability to recognize letters on children of group A. In this case they do not recognize several letters, sorted letters upside down and were confused in writing because of the use of methods and media in class whose size is relatively small. This then causes the children sitting in the back to have difficulty seeing the media. Starting from this problem, the smart card media is then used in this research. This research aims to find out whether there is an effect of using smart card media on the ability to recognize the literacy of children aged 4-5 years. This study used a Quasi Experimental research design with a type of non equivalent control group design. In this Quasi Experimental study, there are experimental groups and control groups that are selected using saturated sampling as many as 22 children. Data collection techniques in this study were observation, interview, and documentation. Parametric statistical tests are used as data analysis, namely by using the pairing t test. The results of the calculation of paired t-test seen in the average difference between the post-test and pre-test in the experimental group and the control group were 2.6465 and 1.9091. The conclusion of this study is that smart card media has an effect on the development of literacy in children aged 4-5 years of group A in Kenanga Bululawang Kindergarten Malang.

Keywords: smart card media, literacy skills
Published
2019-08-28
Section
Articles
Abstract Views: 97
PDF Downloads: 444