PENGARUH KEGIATAN MENGGAMBAR TERHADAP KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA

  • ARINA NURHETI
  • MALLEVI AGUSTIN NINGRUM

Abstract

Abstrak

Penelitian pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Pabean II dilatarbelakangi oleh keterampilan seni kreativitas anak belum sesuai dengan standar tingkat pencapaian perkembangan anak usia 5-6 tahun terutama pada kegiatan menggambar. Hal ini terlihat pada saat kegiatan menggambar, guru memberikan arahan dalam kegiatan menggambar yang dimana anak diminta untuk menirukan gambar yang sudah dicontohkan guru, dalam kegiatan menggambar ini dari 14 anak terdapat 5 anak yang mampu menggambar secara mandiri dan bagus, serta terdapat 9 anak yang mengalami kesulitan dalam kegiatan menggambar. Sehingga perlu peningkatan perkembangan kreativitas dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan menggambar terhadap kreativitas anak kelompok B di TK Dharma Wanita Pabean II. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment dan desain penelitian nonequivalent pretest-posttest control group desain. Desain ini memiliki kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang masing-masing memiliki sampel berjumlah 14 anak. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji Mann Whitney U Test dengan bantuan SPSS 19. Berdasarkan hasil uji Mann Whitney U Test diketahui bahwa nilai Asymp. Sig. (2 tailed) yaitu sebesar 0,020. Maka nilai Asymp. Sig 0,020 < 0,05 maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan uji Mann Whitney U Test dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Penolakan terhadap Ho mengandung pengertian bahwa ada pengaruh kegiatan menggambar terhadap kemampuan kreativitas pada kelompok B di TK Dharma Wanita Pabean II.

Kata kunci : kreativitas, kegiatan menggambar, kelompok B

Abstract

The research to the children group B in TK Dharma Wanita Pabean II was set background by the children’s art creativity skill which was not suitable yet with the achievement standard level of 5-6 years old children’s development especially in drawing activity. This was seen during drawing activity, the teacher gave direction in drawing activity in which the children were asked to imitate the picture which had already exampled by the teacher. In this drawing activity, 5 of 14 children were able to draw autonomously and good, and there were 9 children who had difficulty in drawing activity. So, it required enhancement of creativity development with the purpose to know the influence of drawing activity toward the activity of children group B in TK Dharma Wanita Pabean II. This research used quantitative approach with queasy-experiment kind and the research design was non-equivalent pretest – posttest control group. This design had experiment group and control group. This research used control group and experiment group which had sample 14 children for each group. This study uses data analysis techniques Mann Whitney U Test with the help of SPSS 19. Based on the results of the Mann Whitney U Test it is known that the Asymp value. Sig. (2 tailed) that is 0.020. Then the Asymp value. Sig 0.020 <0.05 then according to the basis of the Mann Whitney U Test decision making it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted. The refusal toward Ho meant that there was influence of drawing activity toward the creativity ability to the children group B in TK Dharma Wanita Pabean II.

Keywords: creativity, drawing activities, groub B

Published
2019-08-28
Section
Articles
Abstract Views: 78
PDF Downloads: 155