Pengaruh Media Computer Assisted Instruction Terhadap Kemampuan Konsep Lambang Bilangan Anak Kelompok B di TK negeri Pembina Surabaya

  • SILVIANA
  • EKA CAHYA MAULIDIYAH

Abstract

Kemampuan konsep lambang bilangan merupakan dasar kemampuan matematika pada anak, yang penting untuk dikembangkan. Pengenalan konsep lambang bilangan dapat dilakukan dengan menggunakan media yang menarik seperti media Computer Assisted Instruction (CAI). Penggunaan media ini dapat menarik minat anak dan dapat memotivasi anak dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media computer assisted instruction (CAI) terhadap kemampuan konsep lambang bilangan anak kelompok B di TK Negeri Pembina Surabaya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya kemampuan konsep lambang bilangan anak kelompok B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasy-Eksperimental dengan jenis Nonequivalent Pretest–Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah anak kelompok B dengan jumlah sampel 32 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mann Whitney U-Test. Berdasarkan hasil uji Mann Whitney U-Test dengan program SPSS 23.0 didapatkan hasil hitung Z sebesar -3,113 dan asymp signifikansi sebesar 0,002 di mana nilai ini lebih kecil dari batas alpha signifikansi 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kenaikan perubahan nilai kemampuan konsep lambang bilangan hasil posttest terhadap pretest antara kelompok eksperimen dan kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Dengan demikian, hal tersebut menjadi dasar keputusan bahwa terdapat pengaruh media computer assisted instruction (CAI) terhadap kemampuan konsep lambang bilangan anak kelompok B di TK Negeri Pembina Surabaya.

Kata Kunci: media computer assisted instruction, kemampuan konsep lambang bilangan, CAI.


The Ability to concept of number symbol is the basis of mathematical abilities for children, it is so important to develop them. The introduction of the concept of number symbol can be done using interesting media, such as Computer Assisted Instruction (CAI). The use of this media can attract children and motivate children in learning activities. This research aimed to examine the effect of media computer assisted instruction (CAI) towards the ability of the concept of number symbol for children in group B at TK Negeri Pembina Surabaya. This research was based on the lack of optimal of children’s ability in concept of number symbol. This research used a quantitative approach with Quasy-Experimental research design with the type of Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. The populations of this research were children in group B with sample of research were 32 children. Data collection techniques used are observation and documentation. The data analysis technique used in this research is Mann Whitney U-Test. Based on results of the Mann Whitney U-Test with the SPSS 23.0 program, the result of Z is -3.113 and asymp significance is 0,002 which is this value is smaller than the alpha significance (0,05), so it can be concluded that there is a difference the increase in the value of the concept of number symbol the posttest results against the pretest between the experimental and control groups. It showed that the alternative hypothesis (Ha) is accepted and the null hypothesis (Ho) is rejected. Therefore, it can be concluded that there is effect toward media computer assisted instruction (CAI) on the ability of the concept of number symbol for children in group B at TK Negeri Pembina Surabaya.

Keywords: media computer assisted instruction, ability of the concept of number symbol, CAI.

Published
2019-09-05
Section
Articles
Abstract Views: 79
PDF Downloads: 107