PENGARUH PENERAPAN REWARD TERHADAP PERCAYA DIRI ANAK KELOMPOK B DI TK NGLANDUK 01 MADIUNDika Putri Rahayu

  • Dika Putri Rahayu

Abstract

Kurangnya percaya diri merupakan salah satu permasalahan yang terjadi di TK Nglanduk 01 Madiun. Perilaku kurang percaya diri sangat mengganggu dalam proses belajar maupun dalam kegiatan sehari-harinya. Maka dari itu perlu suatu upaya untuk meningkatkan percaya diri anak, salah satunya dengan memberikan reward.Reward stiker dengan cara ditempelkan pada papan bertujuan memotivasi anak untuk meningkatkan rasa percaya dirinya. Reward stiker yang diberikan terdiri dari tiga macam, yaitu stiker gambar senyum dengan dua jempol untuk anak yang melakukan suatu kegiatan dengan keinginannya sendiri, stiker gambar senyum untuk anak yang melakukan kegiatan dengan dorongan dari guru dan stiker bergambar sedih untuk anak yang tidak melakukan kegiatan yang sedang berlangsung. Dalam penelitian ini subyek terdiri dari 22 anak kelompok B di TK Nglanduk 01 Madiun. Penelitian dilakukan sebelum diberikan treatment dan sesudah diberikan treatment, yaitu baseline dan eksperimen. Dihari akhir, guru akan menjumlahkan stiker yang sudah didapatkan anak untuk mengetahui pengaruhnya terhadap rasa percaya diri anak.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan percaya diri pada kelompok eksperimen. Nilai uji statistik dari perhitungan t-tabel Wilcoxon Matched Pairs diperoleh Thitung = 0 dan Ttabel = 66, karena Thitung ≤ Ttabel (0 < 66) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa reward stiker memiliki pengaruh terhadap peningkatan percaya diri anak kelompok B di TK Nglanduk 01 Madiun.

Kata Kunci: Percaya diri, reward stiker, kelompok B.

Abstract

The low confidence is one of the problems that happen in kindergarten Nglanduk 01 Madiun. The act of low confidence disturbs so much in learning process or daily activity. So it’s necessary an effort to increase the confidence of children, one of them is by giving reward.Reward sticker by patched on board with purpose to motivate children to increase their confidence. The reward sticker that given consists of three kind, smiling sticker with two thumbs for children that do an activity by self willing, smiling sticker for children that do an activity with motivated by teacher, and picture sticker for children that do not do an activity when going on. In this research subject consist of 22 group B children in kindergarten Nglanduk 01 Madiun. The research is implemented before given treatment and after given treatment, those are baseline and experiment. In the last day, the teacher will count the stickers that have been obtained by children to find out the influence at confidence of children.The result of research shows a confidence increase in experiment group. The statistic experiment value of calculation t-tabel Wilcox on Matched Pairs is obtained Tcount = 0 and Tcount ≤ Ttable = 66, for Tcount ≤ Ttable (0<66) so Ho is refused and Ha is accepted. It can be concluded that reward sticker has an effect in the increase of confidence of group B children in kindergarten Nglanduk 01 Madiun.

Keywords: confidence, reward sticker, group B.

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 159