STUDI DESKRIPTIF EMPATI ANAK KELOMPOK A PADA MEDIA CERITA BUTAMBUL (BUKU CERITA TIMBUL) DI TK MUSLIMAT NU 20 KROMAN GRESIK

  • GUSTI RUCHMI PRAMESWARA ANGGHERA JATI
  • MASUDAH

Abstract

Abstrak

Perkembangan sosial-emosional merupakan salah satu aspek perkembangan yang sangat penting bagi perkembangan aspek yang lain. Perkembangan sosial-emosional anak dalam melakukan sosialisasi perlu adanya kematangan emosi dan kecakapan sosial. Interaksi ini membutuhkan keterampilan khusus yang didorong oleh kondisi emosi seperti empati. Kenyataan dilapangan tidak semua lembaga pendidikan anak usia dini menstimulasi kemampuan empati. Permasalahan inilah yang menjadi dasar penelitian untuk menstimulasi kemampuan empati dengan menggunakan media butambul (buku cerita timbul) yang dilakukan di TK Muslimat NU 20 Kroman Gresik. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan tentang kemampuan empati anak kelompok A dalam hal ikut merasakan dengan cara merespon dan memahami isi cerita tentang rasa berbagi kepada orang lain ketika di berikan metode bercerita dengan media butambul (buku cerita timbul). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah anak-anak kelompok A dan guru wali kelas kelompok A TK Muslimat NU 20 Kroman Gresik. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yakni reduksi data, data display, dan verifikasi data. Hasil penelitian menggambarkan kemampuan empati anak ketika diberikan metode bercerita dengan media butambul. Pertama, ketika anak ikut merasakan apa yang dirasakan pada cerita tersebut dan merespon dengan bahasa isyarat non verbal. Kedua, memahami isi cerita mengenai hal berbagi kepada orang lain. Kedua hal kemampuan empati tersebut dilakukan sehingga dapat menstimulasi kemampuan empati pada anak dengan optimal dan sesuai dengan tingkat perkembangannya.

Kata kunci : kemampuan empati, media butambul (buku cerita timbul)

Abstract

Social-emotional development is one aspect of development that is very important for the development of other aspects. Social-emotional development of children in conducting socialization needs the existence of emotional maturity and social skills. This interaction requires special skills that are driven by emotional conditions such as empathy. In reality, not all early childhood educational institutions stimulate empathy skills. This problem is the basis of research to stimulate the ability of empathy by using butambul media conducted at Muslimat NU 20 Kindergarten Kroman Gresik. The purpose of this study was to describe the empathic ability of group A children in terms of participating in feeling a story by responding and understanding the contents of the story, namely about the sense of sharing with others given through the method of telling stories with butambul media. This research used a qualitative research approach with a research design using descriptive research type. Data collection was done by using observation, interviews, and documentation technique. The subjects were children and homeroom teacher of group A at Muslimat NU 20 Kindergarten Kroman Gresik. Data analysis techniques in this study were by using the model of Miles and Huberman namely data reduction, data display, and data verification. The results of the study illustrate the empathy ability of children when given the method of storytelling with pop-up story book media. First, when children share what is felt in the story and respond with non-verbal sign language. Second, understand the contents of the story about sharing with others. Both of these empathy abilities were carried out so as to stimulate empathy abilities in children optimally and in accordance with their level of development.

Keywords: empathy ability, butambul media

Published
2019-09-30
Section
Articles
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 23