PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DOMINO ALFABET TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK KELOMPOK A DI TK TUNAS BANGSA KECAMATAN NGORO MOJOKERTO

  • Feny Nurlaili

Abstract

Salah satu potensi yang harus dikembangkan bagi anak usia dini yaitu membaca. Membaca merupakan dasar untuk menguasai berbagai bidang studi. Jika anak pada usia sekolah permulaan tidak segera memiliki kemampuan membaca, maka anak tersebut akan mengalami kesulitan dalam mempelajari berbagai bidang studi. Membaca pada anak TK dimulai dari belajar mengenal huruf. Anak yang kemampuan mengenal huruf belum maksimal akan megalami kesulitan dalam belajar membaca. Penggunaan media domino alfabet diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh media domino alfabet terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A di TK Tunas Bangsa Kecamatan Ngoro Mojokerto yang berjumlah 23 anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan One-group Pretest-Posttest design.Untuk mengetahui adanya pengaruh media domino alfabet terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak, penelitian ini menggunakan statistic nonparametrik dengan teknik analisis data Wilcoxon Match Pairs Test yang dimana jumlah subjek yang digunakan dalam penelitian < 30, sehingga menggunakan tabel penolong Wilcoxon Match Pairs Test.Hasil dari analisis data diketahui perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan media domino alfabet terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak. Hal tersebut dapat dilihat dari T tabel > T hitung dimana harga T tabel yang jumlah subjek 23 anak dengan taraf signifikan 5% maka T tabel = 73, sedangkan T hitung = 0. Jadi, ada pengaruh penggunaan media domino alfabet tehadap kemapuan mengenal huruf pada anak kelompok A.

Kata kunci : media, domino alfabet, kemampuan mengenal huruf

THE INFLUENCE OF ALPHABET DOMINOES FOR THE CHILDREN’S ABILITY TO RECOGNIZETHE LETTER AT A GROUP OF TUNAS BANGSA KINDEGARTEN NGORO MOJOKERTO

ABSTRACT

One of the children potencies which must be developed earlier is their reading skill.reading skill is the basic skill to achieve other studies programs. If the children do not get the reading skill earlier, they will get difficulties in learning other studies program. Reading for the children at kindergarten is started by recognizing the letter. The chidren who do not understand the letter well, will get difficulties in their reading. The use of alphabet dominoes is expected to improve the children’s skill in recognizing the letters.The aims of this research is to know the influence of alphabet dominoes for the A group children’s skill in recognizing the letters at Tunas Bangsa kindergarten Ngoro Mojokerto. There are 23 chidren as the subjects. This research is a quantitative experimental research by using one group pre-test and post-test design.This research uses statistic non parametric to know the influence of the alphabet dominoes for the chidren’s skill in recognizing the letter. The data analysis technique used in this research is Wilcoxon Match Pairs Test. The number of the subjects in this research is less than 30, therefore it uses Wilcoxon Match Pairs Test.2Based on the analysis result, there is a significant difference of the children’s skill in recognizing the letter before and after they get the learning process by using alphabet dominoes. The result is T table > T count. From the 23 subject, it is found that the significant level is 5%. T table is 73 an T count is 0. It can be concluded that there is influence of alphabet dominoes for the A group children’s skill in recognizing the letter.

Keywords : media, alphabet dominoes, recognizing the letter.

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 60