PENGARUH PERMAINAN ULAT BANGUN DATAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI ANAK USIA DINI DI SURABAYA

  • FENNI FLORA MUNTE
  • SRI WIDAYATI

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan mengenal bentuk geometri anak dalam hal menyebutkan, menunjukkan, dan mengelompokkan bentuk geometri lingkaran, segitiga dan persegi. Hal ini diduga karena anak pada kegiatan sehari-hari dikenalkan langsung pada 10 macam bentuk geometri. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh permainan ulat bangun datar terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia dini di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent pretest-posttest control group design. Subyek penelitian adalah anak usia dini di Surabaya yang berjumlah 30 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji data statistik non-parametik yaitu Mann-Whitney U-Test dengan menggunakan software. Hasil analisis data uji Mann-Whitney U-Test menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2 tailed) yaitu sebesar 0,002, maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan uji Mann-Whitney U-Test dengan taraf signifikansi atau Asymp. Sig. (2 tailed) 0,002 lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh signifikansi antara hasil kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terbukti adanya pengaruh permainan ulat bangun datar terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia dini di Surabaya. Kata kunci: permainan ulat bangun datar, bentuk geometri. Abstract This research is motivated by the lack of ability to recognize geometric shapes of children in terms of mentioning, showing, and classifying geometric shapes of circles, triangles and squares. This is presumably because children in daily activities are introduced directly to 10 kinds of geometric shapes. This study aims to prove the presence or absence of the influence of flat-worm play on the ability to recognize early childhood geometric shapes in Surabaya. This research uses a quantitative research approach with a quasi-experimental type of research with a nonequivalent pretest-posttest control group design. The research subjects were 30 early childhood children in Surabaya. Data collection techniques using observation. The data analysis technique uses non-parametric statistical data test namely Mann-Whitney U-Test using software. The results of the Mann-Whitney U-Test test data analysis show the Asymp value. Sig. (2 tailed) that is equal to 0.002, then according to the basic decision-making of the Mann-Whitney U-Test with a significance level or Asymp. Sig. (2 tailed) 0.002 less than 0.05. This shows there is a significant influence between the results of the experimental group and the control group with the experimental group higher than the control group. The results of the study concluded that there was evidence of the influence of flat-worm play on the ability to recognize early childhood geometric shapes in Surabaya. Keywords: caterpillar game flat build, geometric shapes.






Published
2019-10-26
Section
Articles
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 28