PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENGGAMBAR TEMA DIRIKU TERHADAP KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B DI BALONGBENDO

  • LISCA YUSVI NUR AMALIA
  • NURHENTI DORLINA SIMATUPANG

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada hasil observasi awal di RA Perwanida 1 Kemangsen Balongbendo pada kelompok B yang menunjukkan tingkat kreativitas menggambar rendah, serta kegiatan pembelajaran yang hanya menggunakan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) dan contoh gambar yang dibuat guru di papan tulis. Untuk itu peneliti merancang buku panduan menggambar yang berisi tahapan menggambar sederhana. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan kreativitas menggambar dengan menggunakan buku panduan menggambar.

Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4D. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B, ahli materi, ahli media dan guru. Objek penelitian ini adalah pengembangan buku panduan menggambar tema diriku. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara sedangkan kelayakan media diketahui dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan persentase.

Berdasarkan hasil penelitian dari pembahasan diketahui bahwa media buku panduan layak digunakan untuk pengembangan kreativitas menggambar anak di RA/TK. Kelayakan uji coba skala kecil termasuk dalam kategori “sangat valid” (96,5%), uji coba skala besar termasuk kategori “sangat valid”(95,27), ahli materi termasuk kategori “valid” (80%), ahli media termasuk kategori “valid”(77,7%). Berdasarkan hasil penilaian dari LKPD anak, media buku panduan menggambar dinyatakan layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran yang mampu mendukung perkembangan kreativitas anak.

Kata Kunci: kreativitas menggambar, buku panduan






Published
2019-11-08
Section
Articles
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 279