PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL EMOSIPADA ANAK KELOMPOK A TK BKKP SURABAYA

  • AGUSTIN HERLI DIANITA
  • DEWI KOMALASARI

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya anak mengenal emosi pada dirinya. Hal ini diduga karena anak suka memukul temannya tanpa merasa bersalah, sulit mengucapkan kata maaf ketika berbuat kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan mengenal emosi pada anak di TK BKKP Surabaya.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif pre-eksperimental design dan jenis penelitian One Group Pre-test Post-test Design. Subjek penelitian ini adalah semua anak kelompok A TK BKKP Surabaya. Teknik analisis data menggunakan statistik parametrik uji jenjang bertanda Wilcoxon.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan mengenal emosi pada anak di TK BKKP Surabaya. Simpulan penelitian ini setelah diberikannya perlakuan berupa metode bercerita ini terbukti mampu memberikan dampak yang signifikan pada emosi pada anak seperti anak dapat menirukan ekspresi emosi pada saat bercerita berlangsung, anak mendapatkan pesan moral yang mudah diingat dari isi cerita bahwa ketika marah harus minta maaf, saling memperingati bahwa jika pinjam sesuatu harus meminta ijin terlebih dahulu.

Published
2019-11-20
Section
Articles
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 46