MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA KOTAK CERITA BERGAMBAR PADA KELOMPOK A TK TUNAS KARYA DESA WULUH KECAMATAN KESAMBEN KABUPATEN JOMBANG

  • PUJI ASTUTIK

Abstract

Kemampuan berbicara pada anak kelompok A TK Tunas Karya Desa Wuluh KecamatanKesamben Kabupaten Jombang hanya 30% anak saja yang mampu berbicara dalam melakukankegiatan bercerita dengan menggunakan media kotak cerita bergambar. Penelitian ini secara umumbertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara secara khusus untuk mengetahui bagaimanaperkembangan kemampuan berbicara anak setelah menggunakan media kotak cerita bergambar.Penelitian ini dilaksanakan pada kelompok A di TK Tunas Karya Desa Wuluh KecamatanKesamben Kabupaten Jombang. Subyek penelitian yaitu 19 anak didik, terdiri dari 12 anak laki-laki 7anak perempuan. Data penelitian ini adalah data kemampuan berbicara anak didik, instrumenpengambilan data dengan lembar pengamatan dan teknik pengumpulan data melalui observasi.Berdasarkan dari analisis data yang diperoleh bahwa hasil melalui kegiatan bercerita adalah : a.Mampu meningkatkan kemampuan berbicara kelompok A TK Tunas Karya Desa Wuluh KecamatanKesamben Kabupaten Jombang, yaitu pada siklus I sebesar 50% dan pada siklus II sebesar 90%. b.Anak mampu mendengarkan cerita, anak mampu bercerita secara sederhana dan anak mampumenyebutkan sifat-sifat tokoh yang ada dalam cerita, serta mampu mengulang kembali kalimatsederhana dengan baik.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan bercerita menggunakan media kotak ceritabergambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak pada kelompok A TK Tunas Karya Desawuluh Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang.

Kata Kunci : Kemampuan berbicara, media kotak cerita bergambar

Abstract

The education of young children with listening ability, communicating orally and arousinginterest in expressing idea was one of the efforts to help developing speech skill. The box media ofpicture story application was the alternative in increasing speech skill to group A children inkindergarten. In this treatment research it had purpose to describe the effectiveness of box media ofpicture story in increasing speech skill to group A children in kindergarten.This research used qualitative approach with class treatment design. The subject of thisresearch was group A children in kindergarten while the data collection techniques used wereobservation and documentation. Based on the acquisition of data analysis result to the effectivenessapplication of box media of picture story to enhance the speech skill of group A children inkindergarten indicated that cycle I was 50% and cycle II was 90%. It meant that it could be concludedthat there was effectiveness application of box media of picture story to enhance the speech skill ofgroup A children in kindergarten Wuluh village Kesamben district Jombang regency.

Keywords: speech skill, box media of picture story.

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 156