MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI MEDIA PUZZLE PADA KELOMPOK B DI TK SISWA BUDI I SURABAYA

  • Sari Trisyana

Abstract

Meningkatkan kemampuan kognitif sebagai daya mempersepsikan segala sesuatu yang dapat dilihat,didengar dan dirasakan oleh anak usia dini, sehingga mempunyai pemahaman secara komprehensif.Kemudian penggunaan media puzzle merupakan alternatif dalam meningkatkan kemampuan kognitif padaanak kelompok B di taman kanak-kanak. Dalam penelitian tindakan ini bertujuan untuk mendeskripsikanefektivitas media puzzle dalam meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok B di taman kanakkanak.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas. Subjekpenelitian ini anak kelompok B taman kanak-kanak. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakanadalah observasi dan dokumentasi. Berdasarkan perolehan hasil analisis data ini pada efektivitas penggunaanmedia puzzle dalam meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok B di taman kanak-kanak,menunjukkan bahwa untuk siklus I sebesar 45% dan siklus II 90 %. Artinya dapat disimpulkan bahwaadanya efektivitas penggunaan media puzzle untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompokb di taman kanak-kanak Siswa Budi I surabaya.Kata kunci : kemampuan kognitif, media puzzleABSTRACTEnhancing cognitive skill was the power to percept all things which were looked, heard, and felt bythe young children so that they understood comprehensively. The puzzle media application was thealternative way in enhancing cognitive skill to group B children in kindergarten. This treatment researchhad purpose to describe the effectiveness of puzzle media in enhancing cognitive skill to group B children inkindergarten.This research used qualitative approach with treatment class design. The subject in this research wasthe group B children of kindergarten while the data collection techniques used were observation anddocumentation. Based on the acquisition of data analysis result to the effectiveness of puzzle mediaapplication in enhancing cognitive skill to group B children in kindergarten indicated that cycle I was 45%and cycle II was 90%. It meant that it could be concluded that there was effectiveness of puzzle mediaapplication to enhance cognitive skill to group B children in Siswa Budi 1 kindergarten Surabaya.Keywords: cognitive skill, puzzle mediaPEN
Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 948