PENERAPAN PEMBELAJARAN TARI KIDANG ALIT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK B PGRI I KECAMATAN PURI KABUPATEN MOJOKERTO

  • Novia Ester Agustiningrum Setiyarini

Abstract

Pengembangan kemampuan motorik kasar pada Pendidikan Anak Usia Dini khususnya Taman Kanak-Kanakpelaksanaannya melalui berbagai cara, alternatif yang dikembangkan dengan membelajarkan bentuk tarian. Anak usiaTaman Kanak-Kanak dengan pembelajaran Tari Kidang Alit ini berpotensi mengekspresikan suatu gerakan padaseluruh badan. Meningkatkan kemampuan motorik kasar dalam pembelajaran tari kidang alit terdapat keragamangerakan melompat-lompat, berlarian dan berputar-putar ini sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik anak tamankanak-kanak. Dalam penelitian tindakan ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran tari kidang alituntuk meningkatkan kemampuan motorik kasar sesuai kebutuhan dan karakteristik anak taman kanak-kanak.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitianini anak kelompok B Taman Kanak-Kanak. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dandokumentasi. Berdasarkan perolehan hasil analisis data ini pada efektivitas pembelajaran Tari Kidang Alit untukmeningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B Taman Kanak-Kanak menunjukkan bahwa siklus Isebesar 25 % dan siklus II 85 %. Artinya dapat disimpulkan bahwa adanya efektivitas pembelajaran Tari Kidang Alituntuk meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B Taman Kanak-Kanak PGRI I Kecamatan PuriKabupaten Mojokerto.

Kata kunci : tari kidang alit, kemampuan motorik kasar

ABSTRACT

The implication of developing gross motoric skill to young children education of kindergarten was done invariety ways, the alternative developed was learning dance. The kindergarten children with learning Kidang Alit Dancehad potential to express some movements to the whole body. To enhance gross motoric skill in learning Kidang AlitDance there was variety of jumping, running and going around movements, these were suitable with the necessity andcharacteristics of kindergarten children. This action research had purpose to describe the effectiveness of learningKidang Alit Dance to increase gross motoric skill appropriate with the necessity and characteristics of kindergartenchildren.This research used qualitative approach with class action design and the subject was group B kindergartenchildren while the data collection techniques used were observation and documentation. Based on the acquisition ofdata analysis result to the effectiveness of learning Kidang Alit Dance to enhance gross motoric skill to group Bkindergarten children, it indicated that cycle I was 25% and cycle II was 85%. It meant that there was effectiveness oflearning Kidang Alit Dance to increase gross motoric skill to group B children of PGRI I kindergarten Puri districtMojokerto regency.

Keywords: kidang Alit dance, gross motoric skill

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 982