HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DI RUMAH DENGAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK KELOMPK A TK QOSHRUL UBUDIYAH SURABAYA

  • Ninda Kumalarika

Abstract

Ilmu pendidikan telah berkembang pesat. Salah satu diantaranya ialah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang membahas pendidikan untuk anak usia 0-8 tahun. Keberhasilan pendidikan bagi anak usia dini perlu ditunjang oleh lingkungan yang kondusif. Dari lingkungan belajar yang baik maka akan mendapatkan suatu hasil belajar yang baik pula terutama pada kemampuan sosial anak yang diharapkan para orang tua anak serta guru. Ketika mereka di lingkungan rumah anak memiliki waktu yang lebih banyak untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya serta orang tua. Sehingga kemampuan sosial anak akan terlatih di sekolah dengan baik yang menghasilkan kemampuan sosial yang baik pula. Tujuan dari skripsi ini ingin mengetahui adakah hubungan antara lingkungan belajar anak di rumah dengan kemampuan sosial anak kelompok A TK Qoshrul Ubudiyah Surabaya.Analisis data menggunakan korelasi spearman rank, karena data yang di dapat yaitu berupa data ordinal. Semua anggota populasi dijadikan sampel sebanyak 34 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi serta dokumentasi. Berdasarkan pada analisis data yang telah dilakukan dengan menggunakan uji statistik nonparametrik dengan menggunakan rumus Korelasi Spearman Rank menunjukkan skor antara dua variabel yaitu variabel x lingkungan belajar di rumah dan variabel y kemampuan sosial anak, memperoleh nilai 2,7 atau yang disebut dengan (π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” ) dicocokkan dengan ( π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™) dengan subyek N=34 dengan taraf signifikan 5% dengan batas penolakan sesuai dengan nilai-nilai dalam distribusi t sebesar 2,042. Dengan demikian π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” lebih besar daripada π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ (π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” > π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™) yang artinya terdapat hubungan.Simpulan penelitian bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar di rumah dengan kemampuan sosial anak kelompok A TK Qoshrul Ubudiyah Surabaya.

Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Kemampuan Sosial Anak

Abstract

Educational science has vastly grown. One of them is the Early Childhod Education discussing the education for 0-8 year-old children. Successful education of toddler is necessary to be supported by condusive environment. Starting from a good learning atmosphere at home, it will also achieve good results, especially for children’s social ability expected by parents and teachers as well. When children have more quality time at home to socialize with their parents and peers, it will consequently train children’s social ability at school satisfactorily.The aim of this thesis is to recognize whether or not there are any relation between learning atmosphere at home and social ability of β€œA” group children of Qoshrul Ubudiyah Surabaya Kindergarten.The data analysis applies rank spearman correlation, since the obtained data was the ordinal one. All sample members of population were 34 children. Data collection technique consisted of questionnaire, observation, and documentation. Based on the performed data analysis by non-parametric statistic test applying Rank Spearman Correlation, it was obtained the score between two variables, namely the x variable of learning atmosphere at home, and the y variable of children’s social ability, is 2.7, or also called as (tcomputation) was matched with (ttable) of subject N=34 with the 5% significant standard under the refusal limit in accordance with the values in t distribution of 2.042. thus, tcomputation was larger than ttable (tcomputation> ttable ) meaning there was a relation.The research concludes that there was a significant relation berween learning atmosphere at home with the social ability of β€œA” group children of Qoshrul Ubudiyah Surabaya Kindergarten.

Keywords: Learning Atmosphere, Children’s Social Ability.

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 444