PENGARUH PERMAINAN “IKUTI JEJAKKU” TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA PUNGGUL SIDOARJO

  • RISKA MAULIA APRILIANTI
  • RUQOYYAH FITRI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan “ikuti jejakku” terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Punggul Sidoarjo. Subyek dari penelitian ini berjumlah 30 anak kelompok eksperimen dan 30 anak kelompok kontrol. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Quasi Eksperimental Design dengan jenis Nonequivalent Control Group Design dengan menggunakan 2 kelompok yakni kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi dan menggunakan teknik analisis data yakni Mann-Whitney U-Test. Hasil analisis data yang diperoleh dari perhitungan uji Mann-Whitney U-Test menggunakan IBM SPSS versi 16, mendapatkan hasil yang diketahui nilai Asymp.Sig. (2 tailed) yaitu sebesar 0,000. Dengan dasar pengambilan keputusan apabila Asymp.Sig. < α (0,05) maka terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dimana nilai kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil Penelitian disimpulkan bahwa permainan “ikuti jejakku” berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Punggul, Sidoarjo.

Kata Kunci: permainan“Ikuti Jejakku”, kemampuan mengenal lambang bilangan, anak usia dini

Published
2019-11-29
Section
Articles
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 69