Pengaruh Papan Titian Modifikasi Terhadap Keseimbangan Gerak Anak Usia 4-5 Tahun
Abstract
Pada usia 4-5 tahun adalah masa yang sangat berpotensi untuk melatih dan mengembangkan keseimbangan gerak anak. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh papan titian modifikasi terhadap keseimbangan gerak anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian ini menggunakan penelitian quasi experiment (eksperimen semu), dimana terdapat kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan peserta didik dari 2 TK yaitu TK Yannas Bangkalan sebagai kelas kontrol dan TK Negeri Pembina sebagai kelas eksperimen. Cara pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik sampling purposive (judgmental sampling). Untuk mengukur sampel, menggunakan Rumus Slovin, dimana jumlah populasi yang diketahui yaitu 80 dengan batas kesalahan 5%, maka jumlah sampelnya yaitu 66 anak. Berdasarkan hasil dari perhitungan Wilcoxon Signed Rank Test, maka nilai Z yang didapat sebesar -5,060 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,000 di mana kurang dari batas kritis penelitian 0,05 sehingga keputusan hipotesis adalah menerima Ha. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh papan titian modifikasi terhadap keseimbangan gerak anak usia 4-5 tahun. Kata Kunci: keseimbangan, papan titianPDF Downloads: 671