PENGARUH KEGIATAN MAKAN BERSAMA TERHADAP KEMAMPUAN DISIPLIN ANAK KELOMPOK B TKIT HASANAH FIDDAROIN WARU SIDOARJO

  • FAHIMAH ARIYANI PUTRI
  • DEWI KOMALASARI

Abstract

Disiplin sangat penting untuk tumbuh kembang anak, karena dengan anak berdisiplin dapat memantapkan peran sosial anak pada dewasa nanti. Penerapan disiplin bisa dilakukan melalui kegiatan sehari-hari anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh kegiatan makan bersama terhadap kemampuan disiplin pada saat makan anak kelompok B di TKIT Hasanah Fiddaroin Waru Sidoarjo. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya disiplin anak pada saat waktu istirahat berlangsung. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 anak di TKIT Hasanah Fiddaroin Waru Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian quasy-eksperimental dengan jenis nonequivalent pretest-postest control group desain. Teknik analisis data menggunakan uji data statistik non-parametrik yaitu Mann Whitney U-Test dengan program SPSS versi 19 versi windows.
Hasil analisis data uji Mann Whitney U-Test menunjukkan nilai diketahui Asymp. Sig. (2 tailed) sebesar 0,000 dimana nilai ini lebih kecil dari batas alpha signifikansi 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kenaikan perubahan nilai kemampuan disiplin pada kegiatan makan bersama, hasil postest terhadap hasil pretest (postest – pretest) antara kelompok kontrol dan eksperimen. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) di tolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kegiatan makan bersama terhadap kemampuan disiplin anak kelompok B TKIT Hasanah Fiddaroin Waru Sidoarjo. Pengaruh pada kemampuan anak yaitu: 1) anak paham aturan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan; 2)anak memahami aturan berdo’a sebelum dan sesudah makan; 3)anak paham bahwa makan menggunakan tangan kanan; 4)anak paham makan dengan duduk rapih; 5)anak mampu menghabiskan makanan ; 6) anak mampu membersihkan sisa makanan, dan membuang pada tempat sampah.Kata Kunci : kegiatan makan bersama, kemampuan disiplin anak
This study aims to examine the presence or absence of the influence of joint dining activities on the ability of discipline when eating group B children at TKIT Hasanah Fiddaroin Waru Sidoarjo. This research is motivated by the lack of optimal discipline of the child at rest time. The subjects in this study were 30 children at TKIT Hasanah Fiddaroin Waru Sidoarjo. This study uses a quantitative experimental approach to the quasy-experimental research design with the type of nonequivalent pretest-postest control group design. The data analysis technique used non-parametric statistical data test, namely Mann Whitney U-Test with SPSS version 19 windows version.The results of the analysis of the Mann Whitney U-Test test data indicate the known value of Asymp. Sig. (2 tailed) of 0,000 where this value is smaller than the alpha significance level of 0.05 so that it can be concluded that there is a difference in the increase in changes in the value of disciplinary abilities in joint eating activities, the results of the post-test against the results of the pretest (posttest - pretest) between the control and experimental groups. This shows that the alternative hypothesis (Ha) is accepted and the null hypothesis (Ho) is rejected. Thus, it can be concluded that there is an influence of joint eating activities on the discipline ability of group B TKIT Hasanah Fiddaroin Waru Sidoarjo students. Effects on childrens abilities, namely: 1) children understand the rules of washing hands before and after eating; 2) children understand the rules of praying before and after eating; 3) children understand that eating using the right hand; 4) children understand eating by sitting neatly; 5) children are able to spend food; 6) children are able to clean up food scraps, and throw it in the trash.Keywords: eating activities, Ability to discipline of children
Published
2019-12-13
Section
Articles
Abstract Views: 69
PDF Downloads: 415