Studi Kasus Perkembangan Motorik Halus Pada Konsep Menulis Anak di Tk Dharma Wanita II Unesa Surabaya

  • SEBIBA TEFRUAM
  • KARTIKA RINAKIT ADHE

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan motorik halus dalam kegiatan menulis dan menebali huruf di Tk A Dharma Wanita II Unesa Surabaya. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini yaitu 15 anak TK A Dharma Wanita II Unesa Surabaya. Hasil penelitian di Tk A Dharma Wanita II Surabaya dengan subyek penelitian 15 anak. Karakteristik ketrampilan motorik halus anak itu dikatakan baik apabila tujuan dari perkembangan motorik halus dalam menebali huruf. Pada penelitian ini, peneliti melihat pekembangan motorik halus pada konsep menulis anak di Tk A Dharma Wanita II Unesa Surabaya. Berdasarkan hasil observasi tanggal 22-24 oktober 2018 yang dilakukan di TK A Dharma Wanita II Unesa Surabaya. Dengan jumlah 24 anak di kelompok A, peneliti menemukan 15 dari 24 anak menulis menebali huruf dari kanan ke kiri. Sehingga anak tidak dapat menyelesaikan tugas dengan baik yang diberikan oleh guru kelas mengerjakan LKA karena kemapuan menulis anak kurang berkembang, kususnya dalam menebali huruf anak masih menulis dari kanan ke kiri. diakibatkan anak belum memahami tentang cara penulisan yang baik, sehingga dapat membuat anak belum mampu memegang pensil dan menebali huruf dengan benar.

Kata Kunci : motorik halus, konsep menulis

Abstract

This study aims to describe the development of fine motor skills in writing and bolding activities in Tk A Dharma wanita II Unesa Surabaya. This research method is a qualitative descriptive study. The subjects in this stady were 15 kindergarten children A Dharma Wanita II Unesa Surabaya. The results of research at Tk Dharma Wanita II Unesa Surabaya with 15 research subjects. Characteristics of chidren’s fine motor skills are said to be good if the purpose of fine motor development is to bold letters. In this study, researchers looked at fine motor development in the concept of writing children in kindergarten A Dharma Wanita II Unesa Surabaya. Based on observation on October 22-24, 2018 conducted at Tk A Dharma wanita II Unesa Surabaya. With a total of 24 children in group A, researchers found 15 out of 24 children wrote thickened letters from right to left. So the child cannot complete the assignment well given by the class teacher working on LKA because the child’s writing ability is less developed, especially in thickening the letters the child is still writing from right to left. Caused by children not understanding about good writing methods, so as to make children not able to hold a pencil an thicken letters correctly.

Keywords: fine motor skills, writing concepts

Published
2019-12-13
Section
Articles
Abstract Views: 259
PDF Downloads: 495