KEMAMPUAN BERBICARA ANAK DENGAN METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK MELATI DI PG ASA CENDEKIA 2 BUDURAN SIDOARJO

  • LIDIA KUMALASARI

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari fakta yang ada di PG Asa Cendekia mendukung kemampuan berbicara anak. Hal ini diterapkan dengan metode bercerita, seperti mengajak anak-anak bercerita setiap pagi, hal ini dikarenakan karakteristik anak PAUD yang masih senang mendengarkan cerita dongeng maupun senang bercerita sendiri.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui metode bercerita dapat menjadi alat ukur untuk kemampuan berbicara anak di kelompok melati PG Asa Cendekia 2. Untuk mengetahui kemampuan berbicara dapat dilihat dengan faktor yang mempengaruhi kemampuan berbahasa, serta metode bercerita yang mendukung kemampuan berbicara anak.Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif melalui pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, penelitian ini dilakukan di kelompok Melati PG Asa Cendekia 2, Buduran Sidoarjo. Sebanyak sepuluh anak. dan terdapat enam anak yang dapat menunjukan kemampuan berbicara dengan baik dan empat anak yang belum menunjukan kemampuan berbicara dengan baik.Keberhasilan kemampuan berbicara harus didukung oleh kemampun ketepatan ucapan, kemampuan pilihan kata, serta faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berbicara dan hal ini juga didukung oleh metode bercerita yang bervariasi dengan media bercerita yang kreatif serta sesuai dengan karakteristik anak dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak dengan cara bertanya, berbicara dan bercerita, sehingga kemampuan berbicara anak dapat berkembang dengan baik.

Kata kunci : kemampuan berbicara anak, metode bercerita

ABSTRACT

Asa Cendekia Play Group uses story-telling method to support their students’speaking ability. They invite the children to share their story every morning. PAUD kids enjoy listening as well as telling stories of their own. This I use as the background of my research.My research aims to show that story-telling is in fact a legitimate measuring tool to determine a child’s speaking ability at Asa Cendekia 2 Play Group. A child’s ability in speaking can be seen from some factors which influence his/her speaking ability.In this research I use descriptive qualitative method by way of data gathering, interviews an documentation. I did the research at Asa Cendekia 2 Play Group, Buduran, Sidoarjo. Out of ten students, six showed remarkable speaking ability, while the other four didn’t.A child sad to have good speaking ability if he/se pronounces well, has good choice of words, as well as other supporting factors of good speaking. Various methods of telling stories, supported by creative, age friendly telling story media will boost a child’s speaking ability. Asking speaking, and telling stories will also improve a child’s speaking ability.

Key Words : A Child’s speaking ability, telling stories method

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 26