PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA MODEL TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUN KOSAKATA ANAK KELOMPOK A DI TK SETIAKAWAN TEMUIRENG DAWAR MOJOKERTO

  • Ninik Ailarasati

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini adalah lembaga yang memberikan suatu stimulus pada anak dari lahir hingga enam tahun untuk membantu anak tumbuh dan berkembang secara tepat yang terselenggara dalam program formal, informal dan non formal. Salah satu lembaga yang baik untuk mengembangkan kemampuan anak adalah Taman Kanak-kanak (TK). Dan salah satu aspek perkembangan yang harus di kembangkan anak usia dini adalah kemampuan bahasa, karena jika anak tidak memiliki kemampuan berbahasa, anak akan sulit untuk mengungkapkan pendapat dan isi hatinya. Kosakata merupakan perbendaharaan kata dan tugas pokok dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak. Menurut studi awal di TK Setiakawan Mojokerto tahun ajaran 2012-2013 kemampuan kosakata anak kelompok A di TK Setiakawan Mojokerto belum optimal. Hal ini dikarenakan pegembangan bahasa dalam hal kosakata disampaikan dengan menggunakan media gambar dan LKA, dimana media tersebut dapat dipelajari anak dengan melihatnya saja tanpa bisa meraba, padahal dalam setiap pengembangan, anak diharapkan dapat belajar dengan melihat dan memegang media yang diajarkan secara konkrit, dengan tujuan anak lebih tertarik dan mudah memahaminya.Kemampuan kosakata anak yang belum maksimal di TK Setiakawan Mojokerto menjadi latar belakang penelitian untuk mengetahui hasil pemanfaatan media model tiga dimensi terhadap kemampuan kosakata anak kelompok A di TK Setiakawan Mojokerto. Media model tiga dimensi adalah suatu benda tiruan yang memiliki manfaat untuk untuk menarik minat anak dalam proses pengembangan dan memberikan pengalaman belajar langsung kepada anak.Penelitian ini termasuk dalam desain penelitian Quasi-Experimental Design dengan jenis Nonequuivalent Control Group Design, karena dalam desain ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan dokumentasi. Subyeknya adalah anak kelompok A TK setiakawan Temuireng Dawar Mojokerto dengan menggunakan analisis Uji t Independen. Dari penelitian ini diperoleh analisis data bahwa T hitung ≥ T tabel (7.47 ≥ 1.69), sehingga H0 ditolak yang berarti pemanfaatan media model tiga dimensi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan kosakata anak kelompok A di TK Setiakawan Teuireng Dawar Mojokerto.

Kata Kunci : Media Model Tiga Dimensi,Kosakata

Abstract

Young learner education is an institution which gives children stimuli from the time when they are born until the are six years old. It is conducted to help them grow and develop well in the formal, informal, non formal programs. Young learner educationis one of the good institutions to develop children’s ability in kindergarten. One of the childrens skill wich must be developed is langage skill, because if the children do not have language skill, they will get difficulties in exploring their argument. Developing vocabularies is the main job in developing children’s language skill. Based on the previous study at Setiakawan kindergarten Mojokerto in the academic year of 2012-2013, the vocabularies of A groub children has not been well developed. It is because in developing the vocabularies, the teacher only use picture and chldren’s work sheet. Both of the media can be learned by the children only by looking at them, without touching them. Meanwhile, in every children’s development, the children are expected to be able to study by visualizing and touching the media used, the purpose of this is to make the children are more interested and easier to understand.The lack of children’s ability to understand the vocabularies at Setiakawan kindergarten Mojokerto is the bacgroud of this research. This research aims to know the use of three dimension model for the children’s vocabularies at A groub of Setiakawan kindergarten Mojokerto. It is a media in the form of artificial which can attract children’s interest in the development process and give them direct learning experience.The design of this research is Quasi-Experimental design by using Noneqivalent Control Groub design, because there are 2 groubs in this design. There are experimental groub. The data collecting techniques used are observation and documentation. The subjects of this research are children at A groub of Setiakawan kindergarten Temuireng Dawar Mojokerto. The data analysis in this research is independent T test. Based on the research, T count ≥ T table (7.47 ≥ 1.69), therefore H0 is rejected. It means the use of three dimension model give significant effect for the children’s vocabularies at A group of Setiakawan kindergarten Temuireng Dawar Mojokerto.

Keyword : Three dimension model as media, vocabularies.

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 9