PENGARUH PENDEKATAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK KELOMPOK B TK PKK SUMBERJO KIDUL BOJONEGOTO

  • Siti mutmainnah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan sains anak dalam proses belajar mengajar dikelompok B TK PKK Sumberjo Kidul Bojonegoro. berdasarkan karakteristiknya, anak usia TamanKanak-kanak adalah petualang yang kuat dan tegar, yang senang menjelajahi berbagai kemungkinan yangada di lingkunganya, harusnya kemampuan sains anak sudah berkembang dengan baik. Maka penulis akanmencoba mengimplementasikan pendekatan inkuiri dalam mengembangkan kemampuan sains anak.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekataninkuiri terhadap kemampuan sains anak usia dini kelompok B TK PKK Sumberjo Kidul Bojonegoro.Kemampuan sains meliputi kemampuan mengelompokkan benda terapung, melayang dan tenggelam,mencoba dan menceritakan mengapa benda dapat terapung, melayang dan tenggelam didalam air danmengungkapkan sebab-akibat benda terapung dapat melayang, benda tenggelam dapat melayang.Penelitian yang digunakan termasuk ke dalam jenis penelitian pre eksperimental design dengan desainpenelitian one group pretest-posttest design. Subyek penelitianya adalah 11 anak kelompok B TK PKKSumberjo Kidul Bojonegoro secara keseluruhan. pengumpulan data dengan menggunakan observasi dandokumentasi. data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik parametik denganmenggunakan uji t atau t-test.Berdasarkan dari perhitungan rumus uji t atau t-test diperoleh thitung = 3,27 lebih besar dari ttabel 5%yaitu 2,23. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan inkuiri terhadap kemampuansains anak usia dini kelompok B TK PKK Sumberjo Kidul Bojonegoro.

Kata kunci : pendekatan inkuiri, kemampuan sains.

Abstract

This research was motivated by low ability of children science in teaching and learning process at GroupB of PKK Kindergarten Sumberjo Kidul Bojonegoro. Based on their characteristics, children ofkindergarten are strong and brave adventurer, who likes to explore the various possibilities that exist intheir environment, children should have the ability of science is already well developed. The authors wouldtry to apply the inquiry approach in developing children science abilities.The objectives of this research is to find out whether there are influences of the inquiry approach to theearly childhood science ability on group B of PKK kindergarten Sumberjo Kidul Bojonegoro. Scienceabilities include the ability to classify objects floating, flying and sinking, try and tell why objects can float,fly and sink in water and reveal cause and effect the floating objects can fly, and sink objects can fly.The research that used includes the type of pre experimental design research with research design of onegroup pretest-posttest design. Her research subjects were 11 children at group B of PKK kindergartenSumberjo Kidul Bojonegoro as a whole. Data collection that used was observation and documentation.The data were analyzed using parametik statistics using the t-test.Based on the calculation formula of t-test obtained ttable = 3.27 is greater 5% than tarithmatic that is 2.23. Itcan be concluded that there is an influence of inquiry approach to the early childhood on group B of PKKkidergarten Sumberjo Kidul Bojonegoro.

Keywords: inquiry approach, science ability

Published
2013-10-01
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 22