MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK MELALUI MEDIA TABUNG PINTAR PADA KEGIATAN MENYUSUN KATA DI KELOMPOK A TK MUSLIMAT I ROUSHON FIKR JOMBANG

  • Erfa Mudlifatin

Abstract

Kepercayaan diri perlu ditanamkan pada anak sejak anak usia dini. Pembelajaran di TKjuga diarahkan agar anak memiliki rasa percaya diri. Percaya diri merupakan salah satuaspek kepribadian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Tabung pintar adalahsebuah pengembangan dari media gambar yang dikemas dalam bentuk tabung yangmenunjukkan/ mengeluarkan gambar bintang 1, 2, 3, dan 4. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mendekripsikan pelaksanaan kegiatan menyusun kata melalui media tabung pintardalam meningkatkan kepercayaan diri anak pada kelompok A TK Muslimat I RoushonFikr Jombang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Alat penelitian yangdigunakan lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi peningkatan percaya dirimelalui media tabung pintar. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistikdekriptif. Hasil analisis menunjukkan pada siklus I diperoleh data hasil observasi aktifitasguru sebesar 67%, hasil observasi aktifitas anak sebesar 50% dan hasil observasipeningkatan kepercayaan diri sebesar 50%. Sehingga disimpulkan bahwa hasil yangdiperoleh belum sesuai harapan karena ternyata belum memenuhi target yaitu sebesar85%. Oleh karena itu kegiatan dilanjutkan dengan siklus II. Hasil dari analisis siklus IIdiperoleh hasil observasi aktifitas guru sebesar 93%, hasil observasi aktifitas anak sebesar85% dan hasil observasi peningkatan kepercayaan diri sebesar 90%. Dari kegiatanpenelitian siklus II ternyata hasil yang diperoleh telah melebihi target yang diharapkansebesar 85% sehingga dapat dikatakan bahwa hasil kegiatan pada siklus II ini telahberhasil. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan mediatabung pintar pada kegiatan menyusun kata dapat meningkatkan rasa percaya diri anak.

Kata kunci: Percaya diri, media tabung pintar, kegiatan menyusun kata.

ABSTRACT

Confidence needs to be inculcated in children from early childhood. Also directedlearning in kindergarten so that children have the confidence. Self-confidence is oneaspect of personality which is very important in human life. Smart tube is a developmentof the media images that are packed in the form of tubes which show / remove images 1,2, 3, and 4. The purpose of this study is to decrypt crafting activities through the media ina smart tube boost confidence kindergarten children in group A Moslem I Roushon FikrJombang. This study uses action research. Research tool used observation activity sheetsand teacher observation sheet increased confidence through smart media tube. The dataanalysis technique used is descriptive statistics. The analysis shows the data obtained inthe first cycle teacher observation activity by 67%, the observation of the child activity by250% and the observation of an increase in the confidence of 50%. Therefore concludedthat the results obtained have not turned out as expected because the target is not met by85%. Therefore the activities continued with the second cycle. Results of the analysis ofthe second cycle activities obtained observations of teachers by 93%, the observation ofthe child activity by 85% and the observation of increased self-confidence by 90%.Second cycle of research activity apparently results obtained have exceeded the expectedtarget of 85% so that it can be said that the results of the second cycle of this activity hasbeen successful. From these results it can be concluded that the use of smart media tubeson crafting activities can increase the child's confidence.

Keywords: Confident, smart tube media, crafting activities

Published
2013-10-01
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 450