PENGARUH PENERAPAN METODE BERNYANYI TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK KELOMPOK A DI TK KETINTANG JAYA SURABAYA

  • Ninda Yuliantantri

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan hambatan dalam kemampuan penguasaan kosakata yaitu dimana anak sangat sulit menghafal kata-kata bahasa Inggris yang disampaikan guru, terutama untuk menghafal kata-kata yang lebih dari satu suku kata, serta adanya kesalahan-kesalahan atau ketidaktepatan dalam menjawab arti yang dimaksud dalam pembelajaran bahasa Inggris.Pembelajaran Bahasa Inggris melalui metode bernyanyi ini merupakan suatu metode pembelajaran yang sederhana karena dalam pembelajaran ini, anak dimudahkan dalam menghafal kosakata Bahasa Inggris secara tidak langsung sehingga dapat meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata bahasa terutama Bahasa Inggris. Dengan melalui metode bernyanyi anak–anak akan dapat mengungkapkan isi pikiran dan perasaan melalui nada dan kata – kata. Metode bernyanyi merupakan salah satu kegiatan yang bisa menumbuhkan semangat anak untuk belajar, karena metode bernyanyi dapat dilakukan sambil bermain dengan prinsip pembelajaran di TK.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bernyanyi terhadap kosakata Bahasa Inggris anak kelompok A di TK Ketintang Jaya Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-eksperimental design dengan One group Pretest-Posttest Design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi untuk mengetahui penguasaan kosakata bahasa Inggris anak. Subyek penelitian ini sebanyak 18 anak kelompok TK A. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis non-parametrik dengan menggunakan uji jenjang bertanda wilcoxon match pairs.Berdasarkan hasil perhitungan tabel penolong wilcoxon match pairs test diperoleh Thitung < Ttabel (0<164,5) dengan taraf signifikan 1% dan N = 18 bernilai 2,552. Dengan demikian, hipotesis penelitian berbunyi “terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris pada anak jika menggunakan metode bernyanyi di TK Ketintang Jaya Surabaya” dapat diterima.

Kata kunci : Metode Bernyanyi, Kosakata Bahasa Inggris

ABSTRACT

The background of this research is the problem which the children have in mastering the English vocabularies. The children are very difficult to remember the English words which are delivered by the teacher, especially to remember the words which are more than one syllable. Besides that, they have mistakes or inappropriateness in answering the meaning of the words.Learning English through singing method is a simple learning method because in this learning process, the children are easier to remember the English vocabularies indirectly, therefore they can increase their English vocabularies. The children can explore their thought and feeling in this singing method through tone and words. Singing method is an activity which can motivate the children to learn, because singing method is conducted through playing by using the learning principle in the kindergarten.The aim of this research is to know the effect of singing method for the English vocabularies of A group children at Ketintang Jaya kindergarten Surabaya. This research is pre-experimental research by using One Group Pretest-Posttest design. The data collecting method used is observation. It is used to know the children’s mastering in English vocabularies. The subjects of this research are 18 children at A group. The data analysis technique used is non-parametric analysis by using Wilcoxon Match Pairs Rank Test.Based on the table of Wilcoxon match pair test, Tcount < Ttable (0<164,5). The significant level is 1%, N = 18 and its score is 2.552. Therefore, the hypothesis of the research “That there is a positive and significant effect for the English Vocabularies master of children when the learning process uses singing method at Ketintang Jaya Kindergarten Surabaya”, can be accepted.

Keywords : Singing method, English vocabularies.

Published
2013-10-01
Abstract Views: 392
PDF Downloads: 471