KEDISIPLINAN ANAK KELOMPOK A DALAM BERMAIN BALOK DI TK LASIYAM KECAMATAN TAMBAKSARI SURABAYA

  • Enik Kustianingsih

Abstract

Disiplin merupakan salah satu bagian dari pendidikan karakter yang perlu ditanamkan pada anak sejak usia dini. Penerapan disiplin dapat dilakukan melalui berbagai macam kegiatan, seperti halnya ketika bermain balok. Indikator disiplin yang dapat diterapkan ketika bermain balok diantaranya, dapat memperkirakan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan sesuatu, menggunakan benda sesuai dengan fungsinya, mengambil dan mengembalikan benda pada tempatnya, berusaha mentaati aturan yang telah disepakati dan tertib menunggu giliran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kedisiplinan anak kelompok A di TK Lasiyam Kecamatan Tambaksari Surabaya, cara menerapkan disiplin yang sesuai untuk anak kelompok A dalam bermain balok serta faktor penyebab ketidakdisiplinan.Pada penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model Miles and Huberman melalui tiga langkah yaitu: reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi dengan sumber yang sama tetapi menggunakan metode yang berbeda. Subyek penelitiannya ialah 8 anak kelompok A di TK Lasiyam Kecamatan Tambaksari Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak sudah mampu menunjukkan secara konsisten dalam menggunakan benda sesuai fungsinya serta mengambil dan mengembalikan benda pada tempatnya. Sedangkan dalam memperkirakan waktu masih perlu dimotivasi. Faktor penyebab ketidakdisiplinan yang paling sering adalah tidak cukupnya waktu. Sedang cara menerapkan disiplin yang sering digunakan yaitu melalui pemberian motivasi.

Kata kunci : disiplin, bermain balok.

DISCIPLINE OF CHILDREN IN PLAYING BLOCKS AT GROUP A OF TK LASIYAM TAMBAKSARI DISTRICT SURABAYA

ABSTRACT

Discipline is one part of character education that needs to be instilled in children at the early age. Discipline can be done through a variety of activities, such as playing blocks. Indicators of discipline that can be applied when playing blocks are children can estimate the time allotment to get things done, use objects according to function, take and return objects in place, try to obey the rules that have been agreed upon, and orderly wait the turn. The purposes of this study were to determine the discipline of children at group A of TK Lasiyam, Tambaksari District, Surabaya, how to apply the appropriate discipline for children of group A in playing blocks, and determine the causes of indiscipline.This study used qualitative descriptive approach with data collection techniques through observation, interview, and documentation. The data analysis technique used was technique of data analysis model of Miles and Huberman through three steps: data reduction, data presentation, and verification. While for testing the validity of the data used triangulation with the same source but used different method. The subject of the study was 8 children at group A of TK Lasiyam, Tambaksari District, Surabaya. Theresults showed that children were able to demonstrate consistently in the use of objects according to their function as well as pick up and return the object in place. While the time allotment still needed to be motivated. The factor causing indiscipline that is the most often is not enough time, whereas, the ways to apply discipline that is often to use is through motivation.

Keywords: discipline, playing blocks

Published
2013-10-01
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 41