PENGARUH PERMAINAN MEMANCING IKAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TK TULUS SEJATI SURABAYA

  • Dwi Kusrini

Abstract

Lambang bilangan merupakan lingkup perkembangan yang harus dikuasai dalam bidang pengembangan kognitif. Berdasarkan observasi di TK Tulus Sejati Surabaya khususnya di kelompok A, ditemukan masalah yaitu kemampuan dalam mengenal lambang bilangan masih kurang. Hal itu terjadi karena guru di TK Tulus Sejati Surabaya menggunakan cara mengajar yang kurang bervariasi. Kurangnya kemampuan mengenal lambang bilangan tersebut menjadi latar belakang penelitian untuk untuk mengetahui hasil penerapan permainan memancing ikan terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada kelompok A di TK Tulus Sejati Surabaya.Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi-Experimental jenis Nonequivalent Control Group Design dengan melakukan observasi sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang tidak dipilih secara acak. Analisis data dengan menggunakan Mann-Whithey U test (Uji U) menunjukkan bahwa nilai Exact [2*(1-tailed)] < 0,05 atau 0,000 < α (0,05), maka diputuskan Ho ditolak.Penelitian ini membuktikan bahwa ada pengaruh dari penerapan permainan memancing ikan terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A di TK Tulus Sejati Surabaya.

Kata kunci: permainan memancing ikan, lambang bilangan, anak kelompok A

Abstract

Number is a part of development which must be mastered, especially in the cognitive development. Based on the observation, A group children’s ability in recognizing the number needs to be improved at Tulus Sejati kindergarten Surabaya. It is because the teachers in this school use monotonous teaching method. The lack of this ability becomes the background of this research to know the result of applying fishing game to improve the ability to recognize the number for A group children at Tulus Sejati Surabaya.This research is Quasi-Experimental research by using Nonequivalent Control Group Design. There is observation conducted before and after the action. The data analysis using the Mann-Whithey U Test shows that the value of Exact [2*(1-tailed)] < 0,05 or 0,000 < α (0,05), therefore Ho is rejected.This research proves that there is an effect on applying the fishing game activity toward the abilities to recognize numerals in TK Tulus Sejati Surabaya’s Group A children.

Keywords: fishing game, numbers, Agroup children

Published
2013-10-01
Abstract Views: 110
PDF Downloads: 144