PENGARUH PERMAINAN JAM WARNA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PADA TEMA BINATANG ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK - KANAK

  • Tri Handayani

Abstrak

Kemampuan kognitif bagi anak kelompok B TK Surya Baru Lamongan berdasarkan pengamatan dilapangan saat pelaksanaan belum mengerti tentang pemahaman konsep bentuk, warna, ukuran dan pola. Dari kedelapan indikator yang ada dua diantaranya yaitu : (1). anak disuruh menunjuk dan mencari sebanyak-banyaknya benda, hewan, tanaman, yang mempunyai warna, bentuk, ukuran, atau menurut ciri-ciri tertentu, (2). anak disuruh mengelompokan benda dengan berbagai cara menurut ciri-ciri tertentu misal : menurut warna, bentuk, ukuran, anak belum mengerti dan masih kesulitan menangkap makna dari perintah tersebut. Untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak maka di butuhkan suatu permainan sebagai sarana bantu untuk mewujudkan situasi pembelajaran supaya lebih efektif yaitu permainan jam warna. Adapun tujuan yang ingin dicapai yaitu ingin mengetahui pengaruh permainan jam warna terhadap kemampuan kogitif pada tema binatang anak kelompok B. Penelitian yang digunakan termasuk ke dalam jenis penelitian. Quasi eksperimental design dengan desain penelitian Nonequuivalent Control Group design. Subyek penelitianya adalah 30 anak kelompok B TK Surya Baru Lamongan. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik parametik dengan menggunakan uji t atau t-test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemempuan kognitif anak menunjukkan hasil yang signifikan. Analisis data dilakukan dengan cara menghitung perbandingan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dari hasil thitung dan ttabel. Hasil thitung adalah 5,00 dan hasil ttabel adalah 2,048, hasilnya adalah signifikan. Kesimpulan peneliti bahwa permainan jam warna dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B.

Kata Kunci : Permainan Jam Warna Dan Kemampuan Kognitif.

Abstract

Based on the data gained during the observation of the teaching and learning processes, it was found that the cognitive abilities of Group B students at surya baru kindergarten lamongan on the concepts of shapes, colours, sizes and patterns were still low. Out of the eight existing learning indicators, there were two indicators which were too difficult for the students to attain, those indicators consist of: (1.) showing and looking for objects, animals, plants with certain colours, shapes, sizer, or charecteristics; and (2.) categorizing objects in various ways accordingly, the students had difficulty in comprehending instructions which are related to those two indicxators. Therefore, in order to overcome this problem, thecurrent research sees the need for a game, namely “coloured clock game” as a learning media to help the students improve their cognive ability effectively.The objectives of this research is to find out whether there are influences of the inquiry approach to the early childhood science ability on group B of Surya Baru Lamongan. Science abilities include the ability to classify objects floating, flying and sinking, try and tell why objects can float, fly and sink in water and reveal cause and effect the floating objects can fly, and sink objects can fly.To sum up, the result of the present research shows a significant imporovement in the students’ cognitive ability, to get the result, the data was analyzed by comparing the experimental group’s scores to that of the control group. The scores being compared are the results of the tvalue (5,00) and ttabel (2.048) which mean that the result is significant. Therefore, in line with the result, the researcher concludes that the coloured clock game can be applied to help imporove the cognitive ability of Group B students.

Key Words : Coloured clock game; Students’ cognitive ability.

Diterbitkan
2013-10-01
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 68