PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TELEVISI TUTOR TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS AWAL ANAK KELOMPOK A RA BAHRUL ULUM PENGALANGAN MENGANTI GRESIK

  • Erni Riyanti

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah keinginan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris awal di RA Bahrul Ulum Pengalangan Menganti Gresik. Dengan adanya tuntutan pendidikan yang semakin tinggi, diharapkan peserta didik mampu berkompetensi dibidang kemampuan berbahasa termasuk bahasa Inggis yang merupakan bahasa internasional. Diharapkan dengan adanya kemampuan bahasa inggris yang dimiliki anak menjadi bekal untuk memasuki jenjang berikutnya. Sebagai inovasi dalam pembelajaran maka penulis akan mencoba menggunakan media audio visual televisi tutor untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Kemampuan bahasa Inggris yang akan di tingkatkan meliputi kemampuan menyimak, berbicara, membaca, menulis.Penelitian yang digunakan termasuk kedalam jenis penelitian pre eksperimental design dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Subyek penelitiannya adalah 17 anak kelompok A RA Bahrul Ulum Pengalangan Menganti Gresik secara keseluruhan. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik parametik dengan menggunakan uji jenjang bertanda wilcoxon.Berdasarkan dari perhitungan rumus uji jenjang bertanda wilcoxon diperoleh thitung = 1 kurang dari ttabel 5% yaitu 35. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media audio visual televisi tutor terhadap kemampuan bahasa Inggris awal anak kelompok A RA Bahrul Ulum Pengalangan Menganti Gresik.

Kata kunci : televisi tutor, kemampuan bahasa Inggris awal

Abstract

The background of this research is the desire to improve English language skills in RA Bahrul Ulum Pengalangan Menganti Gresik. By the demands of higher education, students are expected to afford language competence especially English which is known international language. It is expected that having English language ability is supplied entering the next level. As an innovations in learning process, so the writer will try to use audio-visual media of television tutor to improve English language skills. English language skills will be improved, including, listening, speaking, reading, writing ability. The research is about pre experimental design with designed one group pretest-posttest design. The research subjects were 17 children in group A RA Bahrul Ulum Pengalangan Menganti Gresik. The data collection technique use observation and documentation. The data are analyzed by using statistical parametik which uses level marked by Wilcoxon test. Based on the calculation formula marked Wilcoxon test levels obtained t = 1 is less than 5% there are 35 ttabel. It can be concluded that there is effect of using of audio-visual media television tutor torward English language skills of children in group A RA Bahrul Ulum Pengalangan Menganti Gresik.

Keywords: television tutors, toward English language skills

Published
2013-10-01
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 21