PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN MITIGASI BENCANA KEBAKARAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • AYU CAHYA NASRULLAH
  • MUHAMMAD REZA

Abstract

Pengetahuan bencana kebakaran merupakan kegiatan pembelajaran yang sangat penting diberikan kepada anakanak. Pembelajaran kegiatan mitigasi bencana kebakaran dapat diberikan pada anak melalui pembelajaran terstruktur dengan menggunakan buku panduan kegiatan pembelajaran mitigasi bencana kebakaran. Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum adanya pembelajaran mitigasi bencana kebakaran kepada anak usia 5-6 tahun dan kurangnya pengetahuan anak terhadap mitigasi bencana kebakaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka penelitian ini dilakukan betujuan untuk mengembangkan sebuah buku panduan untuk guru terkait dengan membelajaran mitigasi bencana kebakaran pada anak di TK Surabaya. Penelitian ini menggunakan Model pengembangan ADDIE (Analisis, Design, Development and Implementation, Evaluation) dimana digunakan sebagai suatu proses yang berfungsi untuk kerangka pemandu dalam situasi kompleks. Subjek penelitian ini adalah dengan beberapa guru kelas TK B dikota surabayabagian barat. Pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara dan angket. Media buku panduan kegiatan pembelajaran mitigasi bencana kebakaran layak digunakan untuk pembelajaran mitigasi kebakaran di sekolah anak usia 5-6 tahun. Kelayakan produk dapat dilihat dari hasil penilaian oleh ahli media dan ahli materi buku ini mendapatkan prosentase nilai 82,1% dari ahli media dengan keterangan sangat dibutuhkan atau sangat layak. Sedangkan, dari ahli materi yang telah di review mendapatkan prosentase nilai 87,5% dengan keterangan sangat dibutuhkan digunakan dalam pembelajaran, dan dalam penilaian guru terbukti dari hasil angket yang telah diisi oleh guru disekitar surabaya sebanyak 20 guru dengan memperoleh prosentase nilai 87,06% dengan kategori baik sekali dan keterangan sangat dibutuhkan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku panduan kebakaran sangat dibutuhkan oleh guru di sekitar surabaya. Kegunaan buku panduan bagi guru yaitu guru dapat memanfaatkan buku panduan sebagai acuan dalam kegiatan pembelajaran dan dengan mudah dalam mengajarkan kegiatan kebakaran kepada peserta didik.
Published
2020-06-15
Section
Articles
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 7