Pengembangan Aplikasi Mobile Membaca Permulaan Untuk Usia 5-6 Tahun

  • MEI MUSAFAAH
  • DEWI KOMALASARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media aplikasi mobile membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau RnD. Metode pengembangan pada penelitian ini menggunakan prosedur penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluate). Teknik yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis validasi media serta uji kelayakan media. Subjek uji coba penelitian ini yaitu: 1 ahli materi, 1 ahli media dan guru TK di Kabupaten Jombang dengan jumlah 20 guru. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui kuisioner online yang disebar menggunakan google form. Hasil penelitian pengembangan ini berupa media aplikasi mobile membaca permulaan. Aplikasi ini menggunakan acuan membaca permulaan menggunakan metode fonik dengan standart kurikulum PAUD 2013 yang terdiri dari 4 kategori yaitu Fonik A-Z, Vokal dan Konsonan, Membaca serta Games. Berdasarkan hasil analisis data bahwa: 1) media aplikasi mobile membaca permulaan yang dikembangkan terbukti sangat valid, hal ini ditunjukkan dari aspek media maupun materi yang disampaikan, 2) hasil dari uji coba kelompok besar menunjukkan bahwa aplikasi mobile membaca permulaan dalam hasil yang baik. Berdasarkan pada hasil analisis perhitungan validasi pada ahli materi memperoleh prosentase 75%, pada ahli media mendapatkan prosentase 87,5% dan pada guru TK di kabupaten Jombang memperoleh prosentase sebesar 83% sehingga hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media aplikasi mobile membaca permulaan dikategorikan sangat baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini memberikan implikasi terhadap guru dalam menstimulasi kemampuan membaca awal anak, terlebih pada pengenalan huruf alphabet sehingga anak tidak merasa bosan.

Kata Kunci: aplikasi membaca permulaan, kurikulum paud 2013.
Published
2020-06-30
Section
Articles
Abstract Views: 94
PDF Downloads: 62