PENGARUH PENGENALAN DASAR RENANG TERHADAP KEMAMPUAN FISIK MOTORIK KASAR ANAK 3-4 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN KIRANA WONOKROMO SURABAYA

  • Maria Liliana Yohanis

Abstract

Perkembangan fisik motorik merupakan salah satu kemampuan dasar yang perlu di miliki anak untuk di kembangkan dengan optimal. Perkembangan fisik motorik ini meliputi fisik motorik kasar dan fisik motorik halus yang saling berkaitan. Kemampuan fisik motorik pada kelompok bermain Kirana ini belum menerapkan pengenalan dasar renang pada kegiatan berenangnya. Pengenalan dasar renang ini diharapkan mampu meningkatkan fisik motorik kasar anak supaya anak dapat memiliki keseimbangan saat di air. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengenalan dasar renang terhadap kemampuan fisik motorik kasar anak khusunya 3-4 tahun di kelompok bermain Kirana.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunanakan jenis rancangan eksperimen yang sebenarnya dengan desain pre-test post-test pada kelompok-kelompok ekuivalen yang kemudian terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebagai perbandingan. Pada penelitian ini dilakukan 4 kali pertemuan dengan 2 kali pemberian perlakuan hanya pada kelompok eksperimen. Analisis data penelitian ini menggunakan Mann Whitney U-Test dengan perbandingan kelompok kontrol.Analisis data dari penelitian ini adanya pengaruh yang signifikan dari pengenalan dasar renang terhadap kemampuan fisik motorik kasar anak 3-4 tahun di kelompok bermain Kirana dengan hasil perhitungan pada kelompok eksperimen lebih kecil dari kelompok kontrol. Jadi U2 lebih kecil dari U1 dengan demikian yang digunakan untuk membandingkan dengan Utabel adalah U2 yang nilainya terkecil yaitu 8 diperoleh Utabel = 11. Maka harga Uhitung lebih kecil dari Utabel (8<11)

Kata Kunci : fisik motorik kasar, pengenalan dasar renang

ABSTRACT

The development of physical motor is one of around the basics of needs to be have a child to in developed with optimum. Physical development motor skills include physical motor skills and fine motor are physical pedagogy. The physical abilities of the motor on the Group has not applied the Kirana play a basic introduction to swimming on the activities swimming. A basic introduction to swimming is expected to improve children's physical motor rough so that children can have a balance while in the water. The purpose of this research is to know the basic introduction to influence of swimming against the physical abilities of the child especially rugged motor 3-4 years in group play Kirana.This research is quantitative research design type of experiments the experiments actually by design pre test post test on groups equivalent between the control group and experimental group took place a comparison. In order to know influence the introduction of elementary swimming against physical motor gross child’s, espcially 3-4 years done four times meeting with twice the only treatment in the experiment. Analysis of data this research using mann whitney u-test with comparisons between the control group and experimental group.Analysis of data of research is significant of the influence of the introduction of physical performance elementary swimming motor 3-4 years in rough child play groups kirana with the result of reckoning in the experiment smaller than a control group. So U2 is smaller than U1 thus used to compare with the Utabel is the smallest value that U2 8 retrieved Utabel = 11. Then the price uhitung smaller than utabel (8<11).

Key word : gross motor skill, the introduction of elementary swimming

Published
2013-10-01
Abstract Views: 89
PDF Downloads: 746