MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK DENGAN BERMAIN KOMUNIKATA PADA ANAK KELOMPOK B TK TUNAS PERSADA NGUSIKAN JOMBANG

  • SUDARSIH SUDARSIH

Abstrak

Penelitian ini didasari oleh kurangnya respon anak ketika dalam proses pembelajaran terutama yang terkait dengan kegiatan tanya jawab dan bercerita. Peneliti menganalisa dalam hal ini bahwa masih kurangnya kemampuan anak menyimak sehingga banyak anak yang tidak merespon pertanyaan guru dan cerita guru. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan anak dalam menyimak.Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas anak, lembar observasi kemampuan menyimak. Analisis data menggunakan statistik diskriptif. Hasil analisa pada siklus I menunjukkan observasi aktivitas guru sebesar 61%, hasil observasi aktivitas anak sebesar 64% dan hasil peningkatan kemampuan menyimak sebesar 63%. Sehingga pada siklus satu hasil yanag diperoleh belum sesuai harapan peneliti yaitu sebesar ≥80%. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti berlanjut pada siklus II. Hasil yang diperoleh pada siklus II adalah observasi aktivitas guru sebesar 93%, observasi aktivitas anak 93%, kemampuan menyimak anak 90%. Dengan demikian maka penelitian ini dikatakan berhasil dan tidak berlanjut pada siklus III. Untuk itu dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan menyimak anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain komunikata.

Kata kunci : Kemampuan menyimak, bermain komunikata.

Abstract

This study is based on the lack of response when the child in the learning process, especially that related to questioning and storytelling. Researchers analyzed in this case that there is still a lack of children's ability to listen to so many children who do not respond to the question of teachers and teachers' stories. The purpose of this research is to improve the children's ability to listen.This research method using Classroom Action Research (CAR). Techniques of data collection activities through teacher observation sheet, observation sheets kids activities, observation sheets listening skills. Data analysis using descriptive statistics. An analysis of the first cycle showed activity observation of teachers by 61%, the observation of the child's activity by 64% and the resulting increase listening ability by 63%. So that the cycle of the results obtained yanag researchers is not as expected to be ≥ 80%. Under these conditions, the researcher continued in the second cycle. The results obtained in the second cycle was observed teacher activity by 93%, 93% child activity observation, listening skills children 90%. Thus, this research is successful and does not continue on the third cycle. For it can be concluded that increasing listening skills can be enhanced through play activities komunikata.

Keywords: Ability to listen, play komunikata.

Diterbitkan
2013-10-01
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 53