PENERAPAN METODE BERCAKAP – CAKAP DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B DI TK NUSA INDAH JOMBANG

  • DINA YUANITA RAHMAWATI

Abstrak

Kemampuan anak kelompok B TK Nusa Indah Jombang dalam berbicara masih rendah, permasalahan ini terlihat dari banyaknya anak yang tidak mau berbicara atau mengeluarkan pendapatnya ketika dalam kegiatan pembelajaran terutama dalam memberikan keterangan/informasi tentang suatu hal dan melengkapi kalimat sederhana yang sudah dimulai guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan bentuk penelitian tindakan guru sebagai peneliti dan menggunakan sistem spiral refleksi diri sebanyak 2 putaran, setiap putaran terdiri dari rencana awal, tindakan/observasi, refleksi dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah anak kelompok B TK Nusa Indah Jombang dengan teknik pengumpulan data melalui observasi aktifitas anak dan hasil dari pelaksanaan kegiatan bercakap – cakap. Teknis analisis data yang digunakan dalam ketuntasan individu adalah ≥*3 sedangkan ketuntasan klasikal adalah ≥ 80%.Dari hasil analisis didapatkan bahwa melalui kegiatan bercakap-cakap adalah mampu meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B TK Nusa Indah Jombang yaitu pada siklus I sebesar 75% menjadi 91% pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa kegiatan bercakap-cakap dengan media gambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B TK Nusa Indah Jombang.

Kata kunci : Kemampuan berbicara, metode bercakap-cakap dengan media gambar

Abstract

The oral fluency of the grade B children in Nusa Indah Kindergarten, Jombang is still poor, the problem is evident from the many children who do not want to talk or opinion issued when the learning activities, especially in giving a description/information about a case and complete the simple sentence that has already begun teacherspurpose of this research is to improve the child’s ability to speak.The study utilizes a class act observation by examining teacher’s act as an observer and by using a spiral system of self-reflection as much as 2 rounds, each round consisting of the initial plan, the action/observation, reflection and revision. The object of observation is the grade B children in Nusa Indah Kindergarten, Jombang and the data collected through observation of the child activities and results of the implementation of conversation. The technical data analysis used in individual completion is ≥*3 as classical one is ≥ 80%.The analysis result shall be illustrated that through conversation activities the grade B children’s oral fluency in Nusa Indah Kindergarten, Jombang can be raised from 75% of cycle I up to 91% of cycle II. The conclusion of this observasion is that the conversation activities based upon visual media are able to boost the grade B children’s oral fluency in Nusa Indah Kindergarten, Jombang.

Keywords : the oral fluency, the conversation method through visual media.

Diterbitkan
2013-10-01
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 43