PENGARUH METODE PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN PENGENALAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TK TARUNA BHAKTI TAMBAKSARI SURABAYA

  • Widya Ismaulinda Nur Azizah

Abstract

Penelitian pada anak kelompok A di TK Taruna Bhakti Tambaksari Surabaya dilatarbelakangioleh rendahnya kemampuan mengenal konsep bilangan dalam hal membilang, menunjuk dan membuaturutan bilangan 1-10. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk membuktikan apakah adapengaruh metode proyek terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan. Penelitian ini menggunakanpendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis pre eksperimen dan desain penelitian one group pretestposttest.Subyek penelitian berjumlah 10 anak. Metode pengumpulan data menggunakan observasidengan alat penilaian berupa lembar observasi. Analisis data menggunakan statistik non parametrik ujijenjang bertanda Wilcoxon (wilcoxon match pairs test).Berdasarkan hasil analisis data tentang kemampuan mengenal konsep bilangan pada saatobservasi awal (pre tes) dan observasi setelah perlakuan (pos tes) menggunakan metode proyek diperolehnilai rata-rata hasil pre tes 11,6 dan rata-rata hasil pos tes 16,3. Hasil perhitungan dengan uji jenjangdiperoleh t hitung = 0 lebih kecil dari t tabel = 8 dan hasil pengambilan keputusannya yaitu: Ha diterimakarena t hitung < t tabel (0<8) dan Ho ditolak karena t hitung > t tabel (0>8). Simpulan penelitianmenunjukkan bahwa metode proyek berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan mengenalkonsep bilangan pada anak kelompok A di TK Taruna Bhakti Tambaksari Surabaya. Hal ini terbuktibahwa pembelajaran menggunakan metode proyek dapat membantu anak dalam memahami dasarpengetahuan pada bidang pengembangan kogitif dalam hal pengenalan konsep bilangan.

Kata kunci: metode proyek, konsep bilangan

Abstract

The research on early childhood group A in kindergarten Taruna Bhakti Tambaksari Surabayawas motivated by the low identification concept skill of numbers in terms of counting, pointing, andmaking sequence of numbers 1-10. The objectives of this study was to prove whether there is effect of theproject method to numbers identification concept skill. This study used quantitative research approachi.e. pre-experimental research design using one group pretest-posttest. The research subjects were 10children. The data collection methods used was observation with assessment tools such as observationsheets. The data analysis used was Wilcoxon marked level test non-parametric statistical (Wilcoxonmatched pairs test).Based on the data analysis of the numbers identification concept skill in the initialobservationtime (pretest) and observation after treatment (posttest) using project method, it was got the averagevalues obtained in pre-test result was 11.6 of and average of post test result was 16.3. The calculation oftest level obtained Tcount=0 means that smaller than Ttable=8 and the results of decision-making was: Ha isaccepted because Tcount < Ttable (0<8) and Ho is rejected because Tcount t> Ttable (0>8). The conclusion ofthe research showed that the project method significantly influence the numbers identification conceptskill in early childhood group A of kindergarten Taruna Bhakti Tambaksari Surabaya.

Keywords: project method, number concept.

Published
2013-10-01
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 461