MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA BOLA BERWARNA PADA KELOMPOK A TK KARTIKA IV-53 DESA KUDUBANJAR KECAMATAN KUDU JOMBANG

  • Nanik Nanik

Abstrak

Berdasarkan observasi di TK Kartika IV-53 Kudu, ditemukan 5 anak yang bisa mengenal lambangbilangan, sedangkan 10 anak belum bisa mengenal lambang bilangan. Ini dikarenakan stimulasi untukperkembangan kognitif di TK Kartika IV-53 Kudu belum maksimal terutama pada pemahamanlambang bilangan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan apakah penggunaan media bolaberwarna dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan pada anakkelompok A TK Kartika IV-53 Kudu Jombang.Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alat pengumpul data yangdigunakan adalah observasi. Subyek dalam penelitian ini adalah lima belas anak yang diindikasikankurang memahami lambang bilangan. Penelitian ini menggunakan 2 siklus, siklus I dan siklus II.Hasil penelitian kemampuan kognitif ini diperoleh secara klasikal siklus I belum mencapaiindikator keberhasilan yaitu sebesar 40% dan siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan sebesar87%. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media bola dapat meningkatkan kemampuan kognitifanak dalam mengenal lambang bilangan. Saran dari penelitian ini, diharapkan bagi semua guruhendaknya dapat menggunakan media yang sebenarnya dalam pelaksanaan pembelajaran.

Kata kunci : bola berwarna, dan lambang bilangan.

Abstract

Based upon the observation performed in Kartika IV-53 Kindergarten, Kudu it is found that 5children are able to know the number symbols, as 10 young are not yet familiar with them. This iscaused by lack of stimulation for the cognitive development in Kartika IV-53 Kindergarten, Kuduespecially for the number symbols understanding. The observation aim is to describe whether utilizationof colorful balls media can enhance children’s cognitive abilities in knowing the number symbols to thegrade A young in Kartika IV-53 Kindergarten , Kudu, Jombang.This observation is a sort of action research in class. A data collection tool utilized is theobservation. The object of observation is 15 alleged children who have been lack of number symbolsunderstanding. The observation makes use of 2 cycles namely the first cycle and the second one.The observation result of cognitive abilities attained classically in the first cycle does not achieve asuccess indicator of 40% point yet and in the second cycle 87% point has been reached successfully. Itis a proof that the utilization of balls media can enhance children’s cognitive abilities in knowing thenumber symbols. Suggestion illustrated in this observation is that it is expected for all teacherseminently to make use of real media in learning performace.

Keywords : the colorful balls, the number symbols

Diterbitkan
2013-10-01
Abstract Views: 75
PDF Downloads: 228