MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK DENGAN MELIPAT KERTAS SEDERHANA KELOMPOK B TK PERTIWI I BALONGBESUK KECAMATAN DIWEK KABUPATEN JOMBANG TAHUN 2013

  • Iva Rahmawati

Abstrak

Masalah penelitian ini berawal dari observasi di lapangan, diketahui kegiatan melipat kertas dilakukan hanya 1-2 kali dalam satu minggu, bahkan dalam satu minggu tidak ada kegiatan bermain melipat kertas. Selain itu, pada proses kegiatan melipat banyak guru yang tidak mempertimbangkan tahapan melipat anak. Hal ini menyebabkan perlu adanya penelitian tentang peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan melipat kertas sederhana pada anak kelompok B TK Pertiwi I Balongbesuk Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang Tahun 2013.Berdasarkan pada permasalahan penelitian tindakan kelas maka, tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah mendeskripsikan bahwa kegiatan melipat kertas sederhana dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di kelompok B TK Pertiwi I Balongbesuk Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang Tahun 2013.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian guru dan anak kelompok B TK Pertiwi I Balongbesuk Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang Tahun 2013, dengan jumlah peserta didik 25 anak. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi.Teknik analisis data yang digunakan secara deskriptif kuantitatif dimana tingkat keberhasilan penelitian berhasil bila lembar observasi kemampuan motorik halus mencapai 80%.Langkah-langkah pembelajaran melipat kertas: persiapaan alat dan bahan, guru mendemonstrasikan tahapan melipat kertas. Lipatan 1 membentuk bentuk almari, lipatan 2 membentuk bentuk sapu tangan, lipatan 3 membentuk bentuk rumah, lipatan 4 membentuk bentuk topi minang, lipatan 5 membentuk bentuk kepala truk, dan lipatan 6 membentuk bentuk kupu-kupu. Hasil penelitian menunjukkan skor keberhasilan pada siklus I sebesar 52% menjadi 92% pada siklus II. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 40%.Berdasarkan hasil penelitian kegiatan kemampuan motorik halus dapat dilakukan dengan kegiatan melipat kertas. Disarankan kepada guru dapat menerapkan kegiatan bermain melipat kertas untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Bagi sekolah disarankan penelitian ini dapat dijadikan kebijakan dalam meningkatkan kemampuan motorik halus. Disarankan pada peneliti lain agar dapat menerapkan melipat kertas pada perkembangan aspek bahasa dan kognitif.

Kata kunci : kemampuan motorik halus, melipat kertas

ABSTRACT

This research matter begins from field observation. It is necessary to know that paper folding activities are merely undertaken once or twice a week, even nothing at all in one week. Besides that, in a process of the folding activities many teachers do not consider stages of folding for pupils. This results in necessary research of promotion of fine motor capability through simplepaper folding activities in the grade B pupils of Pertiwi I Kindergarten Balongbesuk, Diwek, Jombang in 2013.Based upon the problem of action research in class, such research is aimed to describe the simple paper folding activity which enhances childern’s fine motor capability in the grade B Pertiwi I Kindergarten Balongbesuk,Diwek, Jombang in 2003.The action research in calss is utilized in this study. Its object is tescher and pupils of Pertiwi I Kindergarten Balongbesuk,Diwek, Jombangincluding 25childern. Data collection method is applied by using observation. Data analysis technique utilized is descriptive quantitative in which the success measure of research is declared successful if an observation sheet of fine motor capability has to reach ≥ 80%.Learning phases of paper folding include tool and material preparation and teacher demonstrates the paper folding phases as well. 1st fold shapes cupboard design. 2nd fold shapes handkerchief design. 3rd fold shapesMENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK DENGAN MELIPAT KERTAS SEDERHANA KELOMPOK B TK PERTIWI IBALONGBESUK KECAMATAN DIWEK KABUPATEN JOMBANG TAHUN 20132house design. 4th fold shapes Minang cap design. 5th fold shapes truck head design. 6th fold shapes butterfly design. The research outcome denotes that 1st cycle success is 52% to be 92% in 2nd cycle. This indicates 40% enhancement.It is found in this research result that the fine motor capability can be done with the paper folding activity. It is suggested for teachers that they can apply the paper folding activity to improve childern’s fine motor capabilities. It is prompted for school that this research shall be used as policy in promoting the fine motor capability. Other researchers are recommended to apply such paper folding for language and cognitive aspect development.

Keywords : the fine motor capability, the paper folding

Diterbitkan
2013-10-01
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 2230