PENGARUH PENERAPAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PENGENALAN KONSEP BILANGAN 1-20 BAGI ANAK KELOMPOK A DI TK TULUS SEJATI SURABAYA

  • Ajeng Hariani Nung Wulan

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih kurangnya kemampuan anak dalam mengenal konsepbilangan di TK Tulus Sejati Kelompok A Surabaya. Pada kenyataannya sebagian anak masih belummemiliki kemampuan untuk mengenal bilangan/angka yang sempurna, dalam kata lain anak biasanyahanya tahu lewat hafalan saja. Pada penelitian ini peneliti akan mencoba menggunakan media permainanular tangga dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak di TKTulus Sejati kelompok A Surabaya.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan NonequivalentControl Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi dandokumentasi. Subyek penelitan ini adalah siswa kelompok A TK Tulus Sejati yang berjumlah dua puluhdelapan anak. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistika Non-parametric denganmenggunakan teknik Wilcoxon Match Pairs Test dan Mann- Whitney (U test).Dari hasil analisis data yang diperoleh yaitu skor pre-test dan post-test dengan menggunakan ujijenjang bertanda Wilcoxon pada kelompok eksperimen dan uji Mann Whitney U adalahsignifikan/bermakna yang berarti terdapat pengaruh penggunaan media permainan ular tangga terhadapKemampuan mengenal konsep bilangan sebelum dan sesudah diberi perlakuan di TK Tulus SejatiSurabaya dan ada perbedaan yaitu anak sudah paham dan mengerti konsep bilangan setelah diberiperlakuan/treatmen pada kelompok kontrol.

Kata Kunci : media permainan ular tangga, pengenalan konsep bilangan

Abstract

This research was motivated by the lack of children ability in recoqnizing numbering concept atTK Tulus Sejati Group A Surabaya. As matter of fact, few of children were not have ability forrecoqnizing number perfectly. On the other words, children usually know through recitation only. In thisoccasion, researcher was going to try utilizing snakes and ladders game media in order to improve theability of recoqnizing number concept for children group A at TK Tulus Sejati Surabaya.This research used type of Quasi Experimental Design and Nonequivalent Control Group Design.Data collection technique used test method, observation and documentation. This research subject wasgroup A TK Tulus Sejati contain twenty eight children. Data analysis technique that used was statistictechnique Non-parametric with utilizing Wilcoxon Match Pairs Test technique and Mann- Whitney (Utest).From data analysis result was gained pre-test and post-test score by utilizing Wilcoxon level testthrough experiment group and Mann Whitney U test had significance meaning. There were influence ofimplementing snakes and ladders game media through numbering concept before and after being givenaction at TK Tulus Sejati Surabaya and there was difference of implementing snakes and ladders gamemedia through numbering concept recoqnation in group and treatment.

Keywords : snakes and ladders game media, numbering concept recoqnation

Published
2013-10-01
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 218