UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI MENGGUNTING DAN MENEMPEL DI KELOMPOK B TK MUSLIMAT 2 JOMBANG

  • Izatul Lailah

Abstract

Kemampuan siswa kelompok B TK Muslimat 2 Jombang dalam kemampuan motorik halus terutama dalam menggunting dan menempel masih kurang dari yang diharapkan guru, dikarenakan perasaan takut atau kurang berani dalam menggunakan alat gunting dan juga dalam memegang lem. Padahal pada perkembangan seorang manusia, perkembangan fisik motorik memegang peran yang sama pentingnya dengan perkembangan kognitif, perilaku sosial dan kepribadian.Kegiatan menggunting dan menempel bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Metode yang digunakan dalam meningkatkan motorik halus anak adalah dengan metode demonstrasi dan pemberian tugas. Adapun manfaat mengembangkan kemampuan motorik halus anak adalah melatih kordinasi tangan, mata dan konsentrasi, meningkatkan kepercayaan diri, lancar menulis, ungkapan ekspresi dan mengasah kognitif.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan guru sebagai peneliti, menggunakan sistem spiral refleksi dini sebanyak dua putaran, setiap putaran terdiri dari penyusunan rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tehnik analisis data menggunakan tehnik kuantitatif deskriptif dimana tujuan keberhasilan penelitian dikatakan berhasil bila lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak, kemampuan motorik halus anak mencapai ≥ 80%. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelompok B TK Muslimat 2 Jombang.Dari hasil analisis didapatkan bahwa melalui menggunting dan menempel siswa mampu dalam meningkatkan motorik halusnya yaitu pada siklus I sebesar 33% menjadi 80% pada siklus II.Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa melalui menggunting dan menempel dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak dikelompok B TK Muslimat 2 Jombang.

Kata Kunci: kemampuan, motorik halus, menggunting, menempel.

Abstract

The capability of pupils in the grade B Muslimat 2 Kindergarten Jombang in case of fine motor especially for cutting and sticking does not match slightly teacher’s desired expectation yet by reason of scared or fearful feelings in using cutter and in handling glue as well. Whereas, in human growth a physical development of motor has the same important role as cognitive development , social behavior, and personality.Cutting and sticking activities are aimed to enhance children’s fine motor capability. Method used in enhancing the said capability is demonstration and assignment. As an advantage in promoting the fine motor capability is to practice a coordination of hands, eyes, and concentration; to increase self confidence; to write smoothly; to convey expression; and to improve cognitive development.This study utilizes action research in class assigning teacher as researcher. Two-round spiral system of early reflection is engaged in this research. Each round comprises action plan arrangement, action performance, observation and reflection. Data collection method makes use of technical observation of data analysis, descriptive quantitative technique in which successful research will be recognized if observation sheets of teacher activities, pupil activities, fine motor capability reach ≥ 80%. The research object is the grade B pupils of Muslimat 2 Kindergarten Jombang. Based on the analysis, it is discovered that through cutting and sticking the pupils are able to enhance their fine motors, that is, from 33% in the first cycle up to 80% in the second one.A conclusion of the research is that the cutting and sticking are able to enhance the fine motor capability of the grade B pupils of Muslimat 2 Jombang.

Keywords: the fine motor, capability, cutting, sticking.

Published
2013-10-01
Abstract Views: 984
PDF Downloads: 3075