UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MELALUI MEDIA KOTAK PINTAR PADA ANAK KELOMPOK A TK PERTIWI 1 BALONGBESUK KEC. DIWEK KAB. JOMBANG

  • Kenti Puspitasari

Abstrak

Masa yang paling penting dalam kehidupan anak dimulai sejak lahir hingga mencapai umur 6 tahun, karena masa tersebut kecerdasan anak dibentuk. Pikiran anak yang masih kecil mempunyai kemampuan besar untuk menyerap berbagai pengalaman. Peran pendidik sangat diperlukan dalam upaya pengembangan potensi anak 4-6 tahun dengan melalui kegiatan bermain sambil belajar.Berdasarkan data dilapangan dari 12 anak hanya 33% (4) anak yang mampu mengenal lambang bilangan 1-10 dan 67% (8) anak yang belum mampu mengenal lambang bilangan 1-10, ini disebabkan karena anak sulit menerima rangsangan yang diberikan oleh guru. Oleh sebab itu peneliti mencoba menerapkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui media kotak pintar dengan tujuan mengetahui penggunaan media kotak pintar dalam meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak kel A TK Pertiwi 1 Balongbesuk Kec. Diwek Kab. Jombang.Obyek penelitian ini adalah peserta didik kelompok A sejumlah 12 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran 2012-2013. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan 2 siklus.Setelah dilakukan tindakan pada siklus I mencapai prosentase 42% sampai dengan siklus II terjadi peningkatan mencapai prosentase 83%. Menggunakan kotakpintar sampai pada siklus II telah berhasil meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan sebanyak 10 anak yaitu dengan prosentase83%. Peningkatan ini diperoleh menggunakan kotak pintar yaitu dengan bermain kotak pintar, dengan langkah-langkah pembelajaran yaitu: (1) menyiapkan mediakotak pintar yang akan digunakan; (2) memberikan pertanyaan; (3) memberikan penjelasan tentang kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

Kata kunci: Kemampuan mengenal lambang bilangan, kotak pintar, kelompok A.

Abstract

The most important period of child life begins from birth to 6th age because the child intelligence is formed in the period. A young child’s mind has great capabilities to absorb various experiences. Educator role is very essential in attempting a potency development of the 4th and 6th children through playing and learning activities.Based on site data it is only 33% of 12 children, that is, 4 children who are able to know the 1-10 number symbols and 67% (8) unable to identify them. This happens since they are difficult to accept stimulus given by their teacher. Hence, the observer tries to apply the capability of identifying the 1-10 number symbols through the smart box media which is used to know the media utilization in boosting the ability of identifying the 1-10 number symbols to the grade A children of Pertiwi 1 Kindergarten, Balongbesuk, Diwek, Jombang.The object of observation is 12 grade A children consisting of 6 males and 6 females. The observation was performed in the second semester of 2012/2013 tuition period. It utilizes action research in class by using 2 cycles.After being observed in the first cycle, it reaches 42%. It raises up to 83% in the second cycle. By using the smart box media in the second cycle, 10 children’s abilities in identifying the number symbols can be successfully increased up to 83%. This upgrade is attained by using the smart box namely by playing it with learning phases : (1) to prepare the smart box utilized; (2) to provide questions; (3) to explain the learning activities which will be executed.

Keywords: the capability of identifying the number symbols, the smart box,group A

Diterbitkan
2013-10-01
Abstract Views: 145
PDF Downloads: 686