PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK KELOMPOK B DI TK PEJAJARAN SURABAYA

  • Dina Kartika Putri

Abstrak

Pendidikan pada masa usia dini merupakan wahana pendidikan yang sangat fundamental dalam memberikan kerangka dasar terbentuk dan berkembangnya dasar-dasar pengetahuan, sikap, dan ketrampilan pada anak. Namun, kebanyakan TK masih menggunakan model pembelajaran klasikal dalam mengembangkan kemampuan anak termasuk di TK Pejajaran Surabaya. Hal ini menyebabkan kemampuan anak terutama kemampuan sains cenderung rendah mengingat proses pembelajaran hanya berpusat pada guru. Oleh karena itu, penelitian ini menerapkan model pembelajaran inkuiri untuk mengembangkan kemampuan sains anak kelompok B di TK Pejajaran Surabaya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan sains anak kelompok B di TK Pejajaran Surabaya. Model pembelajaran inkuiri dalam penelitian kali ini menerapkan kegiatan percobaan benda yang larut dan tidak larut dalam air. Hal ini dimaksudkan agar anak lebih tertarik dalam mempelajari konsep sains secara sederhana.Penelitian ini menggunakan jenis peneltian pre-experimental design dengan rancangan one-group pretest-posttest design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi yang bertujuan untuk mendapatkan data-data tentang situasi kelas pada saat pembelajaran berlangsung yang meliputi aktivitas guru dan anak. Subyek penelitian penelitian ini adalah anak kelompok B TK Pejajaran Surabaya yang berjumlah 24 anak. Penelitian ini dilakukan selama 12 kali pertemuan dengan 6 kali treatment mulai tanggal 13 – 25 Mei 2013. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non-parametris dengan menggunakan rumus wilcoxon match pairs test.Hasil yang diperoleh berupa skor pretest dan posttest dianalisis dengan menggunakan rumus uji jenjang bertanda wilcoxon match pairs test diperoleh hasil Thitung ≤ Ttabel ( 0 ≤ 81 ). Hal ini berarti bahwa hipotesis yang berbunyi penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan sains anak kelompok B di TK Pejajaran Surabaya diterima.

Kata kunci : kemampuan sains anak, model pembelajaran inkuiri.

Abstract

Young learner education is a fundamental education which gives the basic frame to develop children’s knowledge, behavior, and skill. Unfortunately, there are many kindergartens which still use classical learning model to develop children’s skill. One of those kindergartens is Pejajaran kindergarten Surabaya. It causes the children’s skill especially their science skill tends to be low, because the learning process only focuses on the teacher. Therefore, this research applies the inquiry learning to develop children’s skill of B group at Pejajaran kindergarten Surabaya.This research aims to find out the effect of inquiry learning model for B group children’s science skill at Pejajaran kindergarten Surabaya. The inquiry learning model applies the experiment of water soluble thing and insoluble thing. It is conducted in order to make the children be more interested in learning science concept simply.This research is pre experimental research design by using one group pre test post test design. The data collecting method used is observation. It is used to get the data of classroom condition when there is a learning process. It includes teacher’s activity ad student’s activity. The subjects of this research are 24 B group children at Pejajaran kindergarten Surabaya. This research is conducted in 12 meeting and 6 times treatment. It is conducted on 13rd-25th May 2013. The data analysis technique used is non parametric statistic analysis by using Wilcoxon match pair test.The results are in the form of scores from pre test and post test. It is analyzed by using Wilcoxon match pair test Tcount ≤ Ttable (0 ≤ 81). It means that the hypothesis which states that the inquiry learning model affect the B group children’s science skill at Pejajaran kindergarten Surabaya can be accepted.

Keywords : children’s science skill, inquiry learning model.

Diterbitkan
2013-10-01
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 32