PENERAPAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU SALING MENGHORMATI PADA KELOMPOK A2 TK MENTARI NUSA PG LESTARI NGANJUK

  • Deni Anggreini

Abstrak

Di kelompok A2 TK Mentari Nusa PG Lestari Nganjuk, perilaku saling menghormati antara anakdengan anak atau anak dengan guru/orang tua masih sangat rendah, perilaku ini bisa di lihat pada kegiatanberbaris ada beberapa anak yang tidak mau bergantian dengan temannya.. Hal ini terjadi karena kurangnyapengetahuan anak tentang apa arti menghormati. Selain itu juga kurangnya arahan dari orang tua untukmengajarkan tentang perilaku saling menghormati antar sesama.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan perilaku saling menghormati pada anak dan untukmeningkatkan kinerja pembelajaran di TK serta menumbuhkan daya inofatif dan kreatifitas guru .Metodepenelitian yang digunakan adalah metode sosiodrama.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelasdengan bentuk penelitian tindakan guru sebagai peneliti, menggunakan sistem spiral refleksi diri sebanyak 3putaran, setiap putaran terdiri dari rencana awal, tindakan / observasi, refleksi dan revisi. Tehnik pengumpulandata menggunakan observasi dan dokumentasi. Anak dikatakan memiliki kompetensi pada prosespembelajaran bila telah mencapai > *3, dan suatu kelas dikatakan tuntas jika mencapai > 80%.Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkanperilaku saling menghormati pada Kelompok A2 TK Mentari Nusa PG Lestari dengan mencapai ketuntasanpada Siklus I sebesar 65,26%, Siklus II sebesar 71,16%, dan Siklus III mencapai ketuntasan sebesar 86,21%.Simpulan dari penelitian ini adalah metode sosiodrama dapat meningkatkan perilaku saling menghormati padakelompok A2 TK Mentari Nusa PG Lestari.

Kata kunci: Perilaku saling menghormati, metode sosiodrama

Abstract

In the grade A2 Mentari Nusa Kindergarten, PG Lestari, Nganjuk, mutual respect behavior between youngand young or young and teacher/parent is still very disappointing. This happens by reason of children’s knowledgelack of the mutual respect. Besides it is also caused by no parent’s direction to teach the mutual respect conductamong human beings.The study utilizes an a class act observation by examining teacher act as observer, using 3 round spiralsystem of self reflection, each round consisting of initial plan, act/observation, reflection and revision. Theobservation goal is to raise the mutual respect behavior on children, to promote learning performance in thekindergarten, and to create innovative power as well as teacher creativities.Based upon the observation result, it is explained that the implementation of social drama method can raisethe mutual respect behavior on the grade A2 Mentari Nusa Kindergarten, PG Lestari which achieves the completionof 1st cycle 65.26%, 2nd cycle 71.16%, and 3rd cycle 86.21%. The conclusion of observation is the social dramamethod can promote the mutual respect behavior on the grade A2 Mentari Nusa Kindergarten, PG Lestari.

Keywords : the mutual respect behavior, the social drama method

Diterbitkan
2013-10-01
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 77