UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI STRATEGI BERNYANYI DI RA AL-IHSAN KALIKEJAMBON TEMBELANG JOMBANG

  • Yayuk Khoiro Ummah

Abstrak

Kemampuan berbicara anak kelompok A RA Al-Ihsan Kalikejambon Tembelang Jombang masih rendah. Hal ini disebabkan anak-anak seringkali tidak mengerti makna kosa kata yang mereka ucapkan. Bahkan ada beberapa anak yang masih sulit mengungkapkan perasaannya dengan bahasa lisan. Dalam proses pembelajaran kemampuan berbahasa mereka juga masih rendah karena kurang merespon apa yang diterangkan oleh guru. Keinginan untuk bertanya juga masih rendah, melalui strategi bernyanyi yang benar anak dapat menguasai penggunaan bahasa dengan benar, kosa katanya juga bertambah. Adapun tujuan penelitian ini adalah memperoleh gambaran atau mendiskripsikan strategi bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok A RA Al-Ihsan Kalikejambon Tembelang Jombang.Peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas dengan bentuk model kurt lewin yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Ada dua siklus. Siklus pertama menggunakan tema kebutuhanku, sementara siklus kedua menggunakan tema tanaman. Sasaran penelitian adalah anak kelompok A RA Al-Ihsan Kalikejambon Tembelang Jombang. Untuk menganalisis data diperlukan lembar observasi aktivitas guru siklus I 68%, siklus II 86%. Lembar observasi anak siklus I 72%, siklus II 87% dan hasil observasi kemampuan berbicara melalui strategi bernyanyi.Dari hasil analisa data didapatkan bahwa strategi bernyanyi: (1) mampu meningkatkan kemampuan berbicara anak-anak kelompok A RA Al-Ihsan Kalikejambon Tembelang Jombang, dimana pada siklus pertama mencapai 63% menjadi 86% pada siklus kedua; (2) anak-anak mampu menjawab pertanyaan apa, mengapa, dan dimana; anak-anak mampu mengucapkan syair lagu atau nyanyian; dan anak-anak mampu bernyanyi dengan baik dan benar.Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi bernyanyi mampu meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A RA Al-Ihsan Kalikejambon Tembelang Jombang.

Kata kunci: kemampuan berbicara, strategi bernyanyi

Abstract

Pupils’ speaking ability in grade A RA Al-Ihsan Kalikejambon, Tembelang, Jombang is still poor. This is often caused by the children who do not understand some meanings of vocabularies they pronounce. Even some of them are still difficult to express their feelings with oral language. In a learning process of language skills they also still have poor abilities since they are lack of responding what teacher is explaining. They have poor inquiring eagerness as well. By the right singing strategy the pupils are able to master the right language use and their vocabularies increase accordingly. This research aim is to describe the singing strategy which can improve the speaking ability on the grade A pupils of RA Al-Ihsan Kalikejambon, Tembelang, Jombang.Researcher utilizes action research in class with the model of Kurt Lewin including planning, performance, observation, and reflection. Two cycles are applied in this study. 1st cycle uses “my needs” theme and “plants” theme in 2nd cycle. The research object is the grade A pupils of RA Al-Ihsan Kalikejambon, Tembelang, Jombang. And data gained in the research is observation sheets of the speaking abilities through the singing strategy of pupils and teacher.Based upon analysis it is discovered that the singing strategy (1) can improve the speaking abilities on the pupils of the grade A RA Al-Ihsan Kalikejambon, Tembelang, Jombang in which 63% being reached in 1st cycle becomes 86% in 2nd cycle; (2) the children are able to answer a question of what, why, and where; they are able to utter a lyric or a song; and they are able to sing a song rightly and well.From this research it shall be concluded that the singing strategy can improve the speaking abilities of the grade A pupils of RA Al-Ihsan Kalikejambon, Tembelang, Jombang.

Keywords : the speaking abilities, the singing strategy

Diterbitkan
2013-10-01
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 129