PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 3 – 4 TAHUN DI KB WIDYA KUSUMA SURABAYA

  • Mustainah Mustainah

Abstrak

Kemampuan berbicara anak di KB Widya Kusuma Surabaya masih kurang, hal tersebut terbukti pada saat kegiatan awal anak tidak dapat menjawab pertanyaan guru mengenai kegiatan sebelum berangkat sekolah. Media audio visual adalah media yang melibatkan indera pendengaran dan indera penglihatan. Media ini yang akan digunakan peneliti selaku guru di KB Widya Kusuma Surabaya untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 3 – 4 tahun. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan media audio visual untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak usia 3-4 tahun di KB Widya Kusuma Surabaya, mendeskripsikan aktivitas pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 3 – 4 tahun di KB Widya Kusuma Surabaya, dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan berbicara anak usia 3 – 4 Tahun di KB Widya Kusuma Surabaya. Penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data dan refleksi analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 3 – 4 tahun di KB Widya Kusuma Surabaya sudah berhasil dan dapat dimengerti anak. Untuk aktivitas anak dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual untuk meningkatkan berbicara anak usia 3 – 4 tahun sangat baik. Hal tersebut terbukti pada observasi siklus I dengan persentase 79% menjadi 83% pada siklus II. Pada aktivitas guru 75% siklus I menjadi 89% pada siklus II. Hasil persentase kemampuan berbicara anak 66% siklus I menjadi 87% siklus II. Untuk nilai ketercapaian kemampuan berbicara anak sesuai aspek yang diamati yaitu aspek menjawab pertanyaan sederhana 63% siklus I menjadi 85% siklus II. Persentase aspek mengulang kalimat sederhana 62% siklus I menjadi 85% siklus II. Sedangkan aspek menceritakan kembali cerita / dongeng yang pernah didengar 62% siklus I menjadi 87% siklus II. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 3 – 4 tahun dengan baik.

Kata Kunci: pemanfaatan media audio visual, untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak

Abstract

Child's ability to speak in KB Widya Kusuma Surabaya is still lacking, it is evident at the beginning of the activities children can not answer questions about the teacher before school activities. Audio-visual media is media that involves the senses of hearing and sight senses. The media will be used by researchers as a teacher at KB Widya Kusuma Surabaya to improve speaking skills children aged 3-4 years. The purpose of this study is to describe the implementation of learning by using audio-visual media to enhance speaking skills of children aged 3-4 years in KB Widya Kusuma Surabaya, describing the implementation of learning activities by making use of audio-visual media to enhance speaking ability of children aged 3-4 years in KB Widya Kusuma Surabaya, and describes improved capabilities speaking children aged 3-4 Years in KB Widya Kusuma Surabaya. This study uses data collection techniques used observation and documentation. Technical analysis of the data using descriptive qualitative.This study uses classroom action research (CAR) of two cycles, each cycle consisted of two meetings. Each meeting consists of four stages, namely planning, implementation, data collection and analytical reflection. Results of this study showed that the implementation of learning by using audio-visual media to enhance speaking skills olds 3-4 years in KB Widya Kusuma Surabaya has succeeded and the child can understand. For children in the implementation of learning activities using audio-visual media to enhance speaking children aged 3-4 years is very good. This is evident in the observation of the first cycle with a percentage of 79% to 83% in the second cycle. On the activity of the first cycle of teachers 75% to 89% in the second cycle. Child's ability to speak the percentage 66% to 87% first cycle, second cycle. To value the ability to speak achievement of children in accordance aspect observed that aspect of answering simple questions first cycle 63% to 85% the second cycle. Percentage aspect repeat simplePEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAKUSIA 3 – 4 TAHUN DI KB WIDYA KUSUMA SURABAYA2sentences 62% to 85% first cycle second cycle. While aspects of retelling the story / fairy tale ever heard 62% to 87% first cycle, second cycle. From these studies it can be concluded that the use of audio-visual media to enhance speaking ability children aged 3-4 years with good.

Keywords: use of audio-visual media, to enhance the child's ability to speakP

Diterbitkan
2013-10-01
Abstract Views: 4
PDF Downloads: 78