PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN BENGKEL KATA TERHADAP KECERDASAN LINGUISTIK-VERBAL PADA ANAK KELOMPOK B di TK ISTANA BALITA SURABAYA

  • Dany Teftiani Karina

Abstract

Membaca dan menulis sudah menjadi pembelajaran di pendidikan anak usia dini, yaitu mengenal huruf awal, menyusun kalimat secara sederhana, menuliskan nama sendiri, menuliskan kata baru, membacakan cerita secara sederhana. Beberapa aspek tersebut termasuk dalam kecerdasan linguistik-verbal yang dikemukakan oleh Gardner. Dan pada saat ini di sekolah dasar, terdapat persyaratan, bahwa anak sudah dapat membaca, khususnya anak kelompok B. Sehingga membuat orangtua cemas, dan sering kali pendidik mengadopsi pembelajaran di sekolah dasar pada anak didiknya. Dan untuk menjawab permasalahan tersebut, perlu adanya metode pembelajaran yang dapat melatih anak membaca dan menulis, tetapi tidak hanya sekedar membaca dan menulis saja, namun melatih anak, menulis, mendengar, membaca dan mengerti yaitu melalui metode permainan bengkel kata.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan bengkel kata terhadap kecerdasan linguistik-verbal pada anak kelompok B di TK Istana Balita Surabaya. Penelitian yang dilakukan ini termasuk penelitian eksperimen dengan jenis pre-eksperimental yang menggunakan desain one- group prettest-posttest design. Subyek penelitian ini yaitu seluruh anak pada kelompok B di TK Istana Balita Surabaya yang berjumlah 22 anak. Teknik pengumpulan datanya, yaitu observasi, dan analisis datanya menggunakan Uji Wilcoxon.Hasil penelitian dalam perhitungan analisis data, menunjukkan hasil Thitung < Ttabel, yaitu 0 < 66, maka Ho ditolak dan dapat disimpulkan disimpulkan bahwa permainan bengkel kata dapat mempengaruhi kecerdasan linguistik-verbal anak. Sehingga permainan bengkel kata dapat digunakan untuk meningkatkan kecerdasan linguistik-verbal anak.

Kata kunci : Penerapan Permainan Bengkel Kata, Kecerdasan Linguistik Verbal

Abstract

Reading and writing have become study of education for age child early, that is recognizing letter early, compiling sentence simply, writing the name alone, writing the new word, reading of short story. Some of these aspect included in intellegence of linguistik-verbal by Gardner. And at this time in alementary school, there are conditions, that child can to read, specially for children on group B. So that make parent worry, and frequently educator adopt study elementary school its protege. And to answer the problems, need of the method study of which can train child read and write, but don’t just reading and just writing is, but train child, writing, hearing, reading and understanding that is through the method game of “Bengkel Kata.”This research purposed to know effect of game “Bengkel Kata” to linguistik-verbal intellegence for children on group B at TK Istana Balita Surabaya. This includes research conducted research of experiment with type of pre-eksperimental using one-group prettest-posttest design. The subjects in research is all the children on group B at TK Istana Balita Surabaya which amounting to 22 children. The technique data collecting, that is observation, and it’s data analysis use Test of Wilcoxon.The result of research in calculation of data analysis, showing result of Thitung < Ttabel, that is 0 < 66, so Ho refused and can be concluded that game of “ Bengkel Kata” can influence linguistik-verbal intellegence. So that game of “Bengkel Kata” can be used to increase linguistik-verbal intellegence for children.

Keywords : using of game “bengkel kata”, Linguistic-verbal Intellegence

Published
2013-10-01
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 20