Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Meroce Dari Media Bahan Alam Kelampok ATK.Muslimat NU 2 Tambak Beras Jombang

  • Siti Qomariyah B

Abstrak

Kemampuan motorik halus anak kelompok A TK.Muslimat NU 2 Jombang masih kurang dalam mengerjakan kegiatan meronce, banyak anak yang masih belum mampu meronce secara mandiri dan hasil ronceannya masih sangat sedikit (pendek). Ketrampilan motorik halus membutuhkan pengkoordinasian mata dan tangan. Oleh sebab itu tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motorik halus anak khususnya dalam pengkoordinasian mata dan tangan. Media roncean yang peneliti gunakan adalah media bahan alam. Fokus pengamatan pada penelitian ini adalah kelompok A di TK. Muslimat NU 2 Tambak Beras Jombang dengan jumlah 20 anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: 1. Perencanaan, 2. Tindakan, 3. Observasu, 4. Refleksi. Tehnik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi dan tehnik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu statistik deskriptif. Dari hasil analisis data diperoleh hasil bahwa peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan meronce dengan media bahan alam pada siklus 1 pertemuan ke 1 mencapai 35%, sedangkan pada siklus 1 pertemuan 2 mencapai 50%. Pada siklus 2 pertemuan ke1 meningkat menjadi 80%, dan pada siklus 2 pertemuan 2 menjadi sebesar 90%.berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan meronce dikarenakan adanya latihan secara berkala pada anak, sehingga anak lebih senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran serta semakin bersemangat dalam mengerjakan meronce.

Kata kunci :motorik halus, meronce dan media bahan alam.

Abstract

Fine motor skills of children in group A TK.Muslimat NU 2 Jombang still lacking in working meronce activities, many children are still not able meronce ronceannya independently and the results are still very few (short). Requires fine motor skills and hand-eye coordination. Therefore the purpose of this research is to improve the child's fine motor coordination, especially in the eyes and hands. Roncean media is media that researchers use natural ingredients. The focus of this study is the observation in group A in kindergarten. Moslem NU 2 Rice Farms Jombang by the number of 20 children. This study uses classroom action research (CAR) conducted in two cycles. Each cycle consists of four stages, namely: 1. Planning, 2. Action, 3. Observasu, 4. Reflection. Data collection techniques that researchers use observation and data analysis techniques used in this research is descriptive statistics. From the analysis of the data obtained the result that the increase in the fine motor skills of children through activities with media meronce natural materials in cycle 1 to 1 meetings to reach 35%, while in cycle 1 meeting 2 reaches 50%. At the meeting of the 1st 2 cycles increased to 80%, and at the meeting of 2 to 2 cycles by 90%. Based on this it can be concluded that an increase in child's fine motor skills through activities meronce due to exercise regularly in children, so the children happy and enthusiastic in participating in learning activities as well as getting excited in doing meronce.

Keywords: fine motor, meronce natural materials and media.

Diterbitkan
2013-10-01
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 24