IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SENTRA ENGLISH LAND TK-IT AT-TAQWA SURABAYA

  • Suci Dwi Wahyuni Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak kini menjadi salah satu program unggulan yang diajarkan di Taman Kanak-kanak, termasuk TK-IT At-Taqwa Surabaya. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran Bahasa Inggris yang dilakukan di sentra English Land TK-IT At-Taqwa Surabaya. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sentra, kepala sekolah, konsultan Bahasa Inggris lembaga, anak-anak dan dan orangtua anak. Data penelitian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini meunjukkan bawa tujuan  pembelajaran Bahasa Inggris di sentra English Land TK-IT At-Taqwa adalah untuk pengenalan awal Bahasa Inggris kepada anak. Pemilihan materi menyesuaikan dengan tema dan spiritual paradigm. Metode yang digunakan adalah metode Total Physical Respon (TPR). Media yang digunakan pada saat pembelajaran adalah Media Pandang berupa gambar. Dalam kelas yang menggunakan metode TPR, guru bertugas sebagai pemberi perintah atau pengarah/instruktur. Adapun untuk kemampuan anak, anak  kelas A dan B telah mampu menjawab dengan baik secara mandiri, tetapi beberapa anak juga  masih dibantu oleh guru dalam menjawab.Lingkungan tempat belajar menggunakan indoor berupa ruang kelas yang didesain sesuai dengan model pembelajaran Sentra. Pada evaluasi pembelajaran, anak mampu menjawab dengan saangat baik dan mandiri, mendapat nilai 4; apabila menjawab dengan cukup baik dan mandiri mendapat nilai 3; dan apabila anak masih membutuhkan bantuan guru saat menjawab maka mendapat nilai 2, dan apabila tidak menjawab sama sekali mendapat nilai 1. Adapun faktor yang mempengaruhi kemampuan Bahasa Inggris anak yaitu adanya rangsangan Bahasa Inggris  yang sangat baik oleh orang tua dan lingkungannya ketika dirumah, seperti mengikuti kursus bahasa Inggris, menonton TV atau youtube berbahasa Inggris dan interaksi antara orangtua dan anak menggunakan Bahasa Inggris.

Kata Kunci : Pembelajaran Bahasa Inggris, Bahasa Inggris untuk anak.

Published
2021-01-28
Section
Articles
Abstract Views: 236
PDF Downloads: 0 PDF Downloads: 166