PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SANDPAPER LETTERS TERHADAP KEMAMPUAN MENIRU HURUF KELOMPOK A PAUD AR RAHMAN JOMBANG

  • Ciara Fikasari Fikasari

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan meniru huruf yang dimiliki anak kelompok A
dengan menggunakan media pembelajaran sandpaper letters. Tujuan dari penelitian ini yaitu
untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran sandpaper letters terhadap
kemampuan meniru huruf kelompok A PAUD Ar Rahman Jombang. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif korelasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian sejumlah anak kelompok
A PAUD Ar Rahman yaitu 70 anak. Teknik pengumpulan datanya berupa penyebaran kuesioner
kepada guru kelas kelompok A.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data korelasi product moment pearson
dengan bantuan perhitungan datanya menggunakan SPSS 17.0 for windows. Korelasi yang
diperoleh sebesar 0,656 dengan taraf signifikansi 5%. Kemudian dibandingkan pada r tabel dengan
N= 70 dan taraf signifikansi 5% diperoleh 0,232. Interpretasinya, nilai r hitung > r tabel, maka terdapat
hubungan yang signifikan. Diperoleh hasil perhitungannya sebesar 0,656>0,232 maka korelasinya
signifikan. Dengan demikian dapat diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran sandpaper
letters berpengaruh terhadap kemampuan meniru huruf kelompok A PAUD Ar Rahman Jombang.


Kata kunci : sandpaper letters, meniru huruf, PAUD kelompok A.


Abstract


This research background is the ability of group A children in imitating letters by using a
learning application called sandpaper letters. This research focus is to know the effect of using
sandpaper letters learning application toward the ability in imitating letter in group A PAUD Ar
Rahman Jombang. This research is a quantitative correlation research. The population used in
this research is the A group of PAUD Ar Rahman Jombang that consists of 70 children. The
technique used in colleting the data is in the form of questionnaire distributed to A group classes’
teachers.
The technique used in analyzing the data is correlative data analysis product moment Pearson
with the assist of SPSS 17.0 for windows for data calculation. Correlation gained is 0,656 with
signification rate 5%. Then, after being compared to r table with N=70 and signification rate 5%,
the result is 0,232. The interpretation is r hitung > r table, so there is a significant relation. The
calculation result gained is 0,656 > 0,232, so the correlation is significant. Therefore, it can be
known that the application of sandpaper letters learning media gives an impact to the ability of
imitating letters in PAUD Ar Rahman Jombang A group.


Keywords : sandpaper letters, imitating letter, A group in Early Age Child Education

Published
2013-10-01
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 725