PENGARUH MEDIA MIKA WARNA TERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK KELOMPOK A DI TK PELITA SURABAYA

  • Ade Irma Fitriani Irma Fitriani

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kegiatan sains di TK Pelita Surabaya yang menyebabkan rendahnya kemampuan sains anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang adanya pengaruh media mika warna terhadap kemampuan sains anak kelompok A di TK Pelita Surabaya. Penggunaan mika warna dapat menarik minat anak dan membantu anak untuk memahami konsep dasar sains.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah anak kelas A3 yang berjumlah 26 anak kemudian dibagi menjadi dua kelompok, kelompok kontrol dan kelompok eksperimen masing-masing kelompok berjumlah 13 anak. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan menggunakan rumus Mann- Whitney U- Test.
Hasil yang diperoleh berupa skor dari pretest dan posttest lalu dianalisis menggunakan rumus Mann-Whitney U-Test. Hasil perhitungan diperoleh < (0 < 39). Hal ini berarti pada penelitian ini diterima, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh media mika warna terhadap kemampuan sains anak kelompok A di TK Pelita Surabaya.
Saran dari penelitian ini adalah kegiatan sains untuk anak usia dini hendaknya disesuaikan dengan perkembangan anak, karakteristik anak serta media nyata yang bersifat inovatif dan kreatif sehingga anak dapat menguasai bahkan mampu mengembangkan kemampuan sains yang telah diperoleh.


Kata Kunci: kemampuan sains anak, kegiatan sains, media mika warna


Abstract

This research based on the less science activity in Pelita Kindergarten Surabaya which caused the weakness of students’ science skill. The goal of this research is to know about the influence of the mica’s color media for studendts’ science skill group A in Pelita Kindergarten Surabaya. The uses of mica’s color can make the students interest and help the students to understand the moderate concepts of science.
This research uses the research genre of Quasi Experimental Design in form of Nonequivalent Control Group Design. The methods of data collection are observant method and documentation. The subject of this research is the students in grade A3 for about 26 students who are divided in to two group, which are the controlling group and experiment group in each group consists of 13 students. The data analysis technique is statistic nonparametric which uses Mann- Whitney U- Test pattern.
The result of this research is score from pretest and posttest then it will be analyzed using Mann- Whitney U- Test. The result is Ucount < Utable (0 < 39). It means in this research is approved, so that it can be stated that there is an influence of the mica’s color media for the students of science skill group A in Pelita Kindergarten Surabaya.
The suggestion from this research are this early childhood science activity should be adapted with students development, students characteristic, and the real media which are innovative and creative so that students can master or even capable to develop the science ability that they have been got.


Key Words: student’s science skill, science activity, mica’s color media

Diterbitkan
2013-10-01
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 19